Melirik Binis Ikan Cupang dan Louhan

Selasa 23-08-2016,09:20 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 Dua Predator Kini jadi Primadona

Ikan cupang dan louhan kini menjadi primadona. Dua ikan hias ini mulai digemari masyarakat. Dua ikan predator ini selain hanya sebagai hiasan di rumah juga dijadikan sebagai ikan aduan.

YANTO Lee, saat bisnis batuk akik meredup, kini ia beralih menekuni bisnis ikan cupang dan louhan. Dia memasok ikan cupang dan louhan dari Thailand didatangkan ke Bengkulu.

Omsetnya sangat luar biasa, dalam sebulan mampu meraup Rp 10 juta hingga Rp 20 juta dari penjualan predator itu. Tak hanya menjual di dalam kota, Yanto Lee juga menjual ikan cupang dan louhan hingga Pekanbaru, Jambi dan Palembang. Selain itu, banyak juga pemesan ada dari luar negeri seperti Singapura dan Malaysia. \"Untuk penjualan kita hanya bermodal media sosial facebook,\" katanya.

Dia mengatakan ikan cupang digemari selain sebagai ikan hias juga sebagai ikan adu. Bahkan, keindahan corak warna dan sirip ikan ini juga sering dilombakan. Ikan louhan juga menjadi ikan hias paling digemari saat ini.

\"Saya melihat bisnis ikan cupang dan louhan ini karena pangsa pasarnya besar,\" jelasnya.

Yanto Lee menjual harga ikan cupang antara Rp 20 ribu hingga Rp 500 ribu per ekor. Ikan cupang yang bagus harus memiliki ekor 180 derajat, bentuk tubuh ikan harus ideal, dan warna harus terang.

Sedangkan ikan louhan dijual antara Rp 125 ribu hingga Rp 250 ribu per ekor. Namun untuk kelas anakan dijual seharga Rp 500 hingga Rp 800 per ekor. \"Memang paling banyak beli masih anakan,\" katanya.

Mengembang biakkan ikan cupang hias dan louhan, bukanlah perkara yang gampang karena ikan ini memiliki sifat yang suka berkelahi jika bertemu ikan lain­nya.

Ia sering gagal mengawinkan ikan itu. “Untuk mengawinkan ikan ini awalnya susah. Saya harus mengamatinya berkali-kali dan merelakan salah satu ikan mati karena mereka berkelahi. Jika pun sudah berhasil kawin, untuk memelihara telur ini perlu kehati-hatian juga. Bisa bisa telurnya gagal menetas,” jabar­nya.

Memelihara ikan hias air tawar, seperti ikan cupang dan louhan memang memberikan pemandangan yang indah di rumah. Namun, ketika kita memutuskan untuk memelihara ikan cupang, harus siap untuk merawat ikan tersebut.

\"Oleh karena itu, untuk merawat ikan cupang, kita perlu mengetahui cara merawat ikan cupang dengan benar,\" jelasnya.

Tips merawak ikan cupang antara lain utamakan airnya harus steril dan bersih dari kuman penyakit, oksiegan di dalam air, pemberian makan teratur dengan udang, daging atau dengan por. Bagi anda yang mau membeli ikan cupang dan louhan dapat menghubungi Yanto Lee, 081377698888. (100)

Tags :
Kategori :

Terkait