SMP Terakreditasi A Minim

Sabtu 20-08-2016,13:00 WIB

SAMPAI saat ini, jumlah sekolah negeri dan swasta khususnya tingkat SMP di Kabupaten Kaur yang mendapat akreditasi A ternyata masih sangat minim. Pasalnya sampai saat ini dari 30 SMP yang ada di Kaur baru 2 SMP yang terakreaditasi A, sedangkan sisanya masih dibawah A bahkan ada yang sama sekali belum terakreaditasi.

“Untuk saat ini baru ada 2 sekolah yang sudah terakreditasi A, sedangkan yang lainnya masih bersatus B hingga C, namun kita tetap akan upayakan untuk terus meningkat,” kata Kabid Dikdas Dispendikbud Kaur David Marsal SPd, Jum’at (19/8) kemarin.

Dikatakan David, system pengakreaditasian sekolah ini dilakukan oleh Badan Akreaditasi Kabupaten (BAK) Kaur, predikat akreaditasi sendiri didasari dengan berbagai penilaian mulai dari jumlah guru kondisi sekolah sampai dengan jumlah siswa dan pasalitas sekolah yang bersangkutan. Dua sekolah yang sudah menyandang akreaditas A yakni SMPN 1 Kaur dan SMPN 2 Kaur. Untuk yang terakreaditasi B ada 7 SMP sisanya masih bersatus akreaditasi C.

“Kendala yang terbesar yakni masih kekeurangan guru disekolah yang bersangkutan sehingga belum bisa memenuhi stadar akreaditasi tersebut,” ujarnya.

Ditambahkan David, BAK melakukan penilaian jsetelah melakukan pengawasan terdhadap sekolah tersebut, khusus untuk akreaditasi A harus guru secara keseluruhan berpendidikan minimal S1, serta memliki pasalitas penunjang mulai dari laboratorium Komputer, IPA serta sejumlah faktor penunjang lainnya.

“Tahun ini belum dilakukan penilaian lagi kita berharap ada tambahan sekolah yang berstatus akreaditasi A dari 2 sekolah menjadi lebih,” tutupnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait