Serunya Lomba Panjat Pisang

Kamis 18-08-2016,11:50 WIB

KAUR TENGAH, BE - Perayaan Hari Kemerdekaan RI selalu memunculkan lomba-lomba kreatif dan unik yang dilakukan masyarakat. Jika dimana-mana 17 Agustus selalu diwarnai dengan lomba panjat pinang, namun berbeda yang dilakukan warga RT 01 Kelurahan Tanjung Iman Kecamatan Kaur Tengah, yakni dengan menggelar panjat pisang.

“Panjat pisang ini bukan pertama kali ini saja kita gelar, tapi ini sudah ketiga kali kita gelar setiap 17 Agustus,” kata Ketua RT 01 Kelurahan Tanjung Iman Bohari, Rabu (17/8) kemarin.

Dikatakan Bohari, ide panjat pisang ini keluar dari ia sendiri. Hal ini lantaran masyarakat sangat sulit mendapatkan batang pohon pinang dan juga harganya selangit. Sebab harga batang pohon pinang saat musim perlombaan seperti saat ini bisa mencapai Rp 1 juta per batang. Sedangkan harga pisang hanya Rp 300 ribu perbatang.

“Kalau panjat pisang ini biayanya murah, dan kalau pinang itu saja satu batang pinang Rp 1 jutaan, dan biaya untuk belinya kita tidak ada, dan ini semua biaya dari pribadi saya,” ujarnya.

Pada lomba panjat pisang, hadiah yang disediakan di dua pohon pisang antara lain, kipas angin, dan peralatan sekolah dan lainya itu. Lomba panjat pisang itu dilakukan oleh anak-anak yang masih duduk dibangku SD itu, warga yang menyaksikan lomba panjat pisang itu terpingkal-pingkal menyaksikan. Karena pohon pisang yang licin membuat peserta mengalami kesulitan memanjatnya.

“Batang pisang ini kita kasih oli juga, ini biar seru dan tidak cepat dipanjat, dan pesertanya itu gantian dan tidak boleh dipanjat dua orang sekaligus,” tutupnya.

Selain di Kelurahan Tanjung Iman, hiburan rakyat juga digelar di lapangan Merdeka Kota Bintuhan. Masyarakat setempat terlihat antusias menyaksikan lomba panjat pinang yang digelar panitia itu. Masing-masing tim yang ikut andil bagian dalam kegiatan pesta rakyat tersebut berusaha keras agar bisa mendapatkan hadiah yang telah disiapkan panitia.

“Saya senang ikut panjat pinang ini walaupun susah manjatnya, tapi ini seru,” ujar Ridi (16) salah seorang peserta panjat pisang, Rabu (17/8) kemarin. (618)

Tags :
Kategori :

Terkait