Masyarakat Lembak Deklarasi Anti Narkoba

Kamis 18-08-2016,10:00 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 CURUP, BE- Mementum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-71 dimanfaatkan masyarakat yang ada di 7 kecaamatan yang ada di wilayah Lembak untuk mendeklarasikan perang terhadap narkoba. Hal tersebut ditunjukkan dengan pembubuhan tanda-tangan yang diawali oleh Wakil Bupati Rejang Lebong, H Iqbal Bastari SPd MM.

Deklarasi masyarakat Lembak yang menyatakan anti terhadap narkoba dilakukan usai upacara bendera di Lapangan Kantor Camat Binduriang. Dimana pada tahun 2016 ini, Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong membagi dua lokasi upacara detik-detik proklamasi, yaitu yang pertama di Lapangan Setia Negara Curup dengan inspektur upacara Bupati Rejang Lebong dan di Lapangan Kantor Camat Binduriang dengan inspektur upacara Wakil Bupati Rejang Lebong, untuk peserta dikantor Camat Binduriang pesertanya adalah masyarakat dari 7 kecamatan di wilayah lembak.

\"Alhamdulillah saya mendapat laporan kegiatan yang dilaksanakan dibinduriang mendapat sambutan positif dari masyarakat dimana masyarakat sangat antusias menghadiri kegiatan tersebut,\" ungkap Bupati Rejang Lebong, DR (HC) H A Hijazi SH MSinusai upacara di Lapangan Setia Negara Curup.

Menurut bupati, kegiatan deklarasi anti atau perang terhadap narkoba dan kejahatan yang dilakukan masyarakat Lembak tersebut merupakan bentuk dari menteladani nilai-nilai luhur dari para pejuang yang merebut dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Sementara itu, salah satu tokoh Lembak, Daeng Oktora mengungkapkan bahwa kegiatan deklarasi narkoba tersebut merupakan langkah awal pemuda dikawasan Lembak untuk menggerakan diri untuk melawan narkoba, serta menepis isu negatif terhadap penyalahgunaan dan peredaran Narkoba dikawasan tersebut.

Dengan adanya deklarasi tersebut, pria yang akrab disapa Mang Daeng, berharap Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong bisa memberikan respon positif yaitu dengan memberikan dukungan terhadap aksi yang dilakukan oleh para pemuda Lembak tersebut. Menurut Mang Daeng, dukungan yang bisa diberikan pemerintah yaitu dengan menggeluarkan peraturan baru terkait dengan penyalahgunaan dan peredaran narkoba, dimana menurut Mang Daeng peraturan tersebut bisa menyentuh dari kaum muda di kawasan Lembak yang memang rentan akan penyalahgunaan dan peredaran narkoba.

\"Salah satu peraturan yang akan kami usulkan ke pemerintah daerah, yaitu peraturan yang mengharuskan masyarakat yang akan menikah untuk mendapat surat rekomendasi dari BNN bahwa bebas narkoba,\" terang Mang Daeng.

Dengan adanya peraturan seperti maka tentunya baik para pemuda maupun orang tuanya akan benar-benar mengawasi anaknya sehingga tidak terlibat Narkoba.

Upacara Peringatan hari ulang tahun (HUT) Kemerdekaan Indonesia yang ke 71 tahun di Kabupaten Rejang Lebong (RL) berjalan dengan tertib dan khidmat, upacara menyambut detik-detik kemerdekaan 17 Agustus kemarin dilaksanakan di Lapangan Setia Negara Curup.

Sementara itu, peringatan detik-detik proklamsi kemerdakaan RI ke-71 di Lapangan Setia Negara Curup dimulai sekitar pukul 09.30 WIB. Selain bupati kegiatan tersebut juga dihadiri unsur FKPD dan SKPD Kabupaten Rejang Lebong dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Dengan memperingati HUT Kemerdekaan RI tersebut, Bupati Rejang Lebong meminta masyarakat Rejang Lebong untuk bisa mengisi kemerdekaan dengan kegiatan yang positif dengan menggelorakan semangat perjuangan pahlawan dalam merebut kemerdekaan Indonesia.

Selain itu Bupati juga mengatakan melalui momen bersejarah bangsa Indonesia ini hendaknya masayrakat dapat mengisi kemerdekaan dengan mengimplementasikan nilai-nilai luhur para pejuang dahulu kedalam kehidupan, sehingga nilai luhur para pejuang akan selalu ada dan melekat pada masyarakat bangsa Indonesia khususnya masyarakat Rejang Lebong.

\"Mari kita mengisi kemerdekaan ini dengan hal-hal yang positif, sehingga kedepannya kita akan lebih baik lagi,\" ajak bupati.

Setelah selesai upacara peringatan HUT RI di Lapangan Setia Negara, kemudian dilanjutkan dengan sejumlah kegiatan seperti penyerahan penghargaan, hadiah dan pemberian remisi bagi warga binaan di Lapas kelas IIA Curup.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait