Oknum LSM Peras Pjs Kades

Kamis 04-08-2016,10:30 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Diduga karena melakukan aksi pemerasan terhadap pejabat sementara (Pjs) Kades Air Bening Kecamatan Bermani Ulu Raya (BUR), oknum salah satu anggota lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Kabupaten Rejang Lebong, diamankan jajaran Polres Rejang Lebong.

Oknum LSM yang diketahui berinisial He (44) warga Kelurahan Karang Anyar Kecamatan Curup Timur melakukan upaya pemerasan terhadap Pjs Kades Air Bening, Rosmala Dewi, diduga karena terkait dengan pembangunan irigasi di Desa Air Bening tahun 2016 ini. He mengancam korban akan melaporkan kejadian tersebut ke pihak berwajib, bila ia tidak memberikan sejumlah uang kepada pelaku.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Dirmanto SH SIK melalui Kasar Reskrim AKP Chusnul Qomar SH SIK membenarkan perihal tersebut. He diamankan pada Selasa (2/8) siang sekitar pukul 15.00 WIB. He diamankan di kawasan Jalan AK Gani Kelurahan Jalan Baru Kecamatan Curup.

\"Saat diamankan, He ini sedang mengambil uang dari korban,\" terang Kasat Reskrim.

Dijelaskan kasat, keberhasilan pihaknya dalam mengungkap kasus ini berkat laporan yang disampaikan korban kepada pihak Polres Rejang Lebong. Mendapat laporan tersebut, kemudian petugas mengikuti korban yang akan menyerahkan uang kepada pelaku dikawasan jalan AK Gani Kota Curup. Saat keduanya tengah bertemu tersebut, petugas langsung melakukan penyergapan, saat itu He tengah tertangkap tangan memeras korban dengan uang senilai Rp 2 juta.

\"Saat ini He sudah kita amankan, dan masih terus kita kembangkan untuk mengetahui kemungkinan adanya korban lain dari kasus ini,\" tegas Kasat.

Dalam kesempatan tersebut, AKP Chusnul juga mengimbau kepada siapa saja baik pejabat maupun masyarakat biasa yang diresahkan oleh oknum LSM maupun oknum wartawan yang melakukan pemerasan untuk tidak segan-segan melapor kepada jajaran Polres Rejang Lebong.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait