Warta Desa: Sembilan Sarana Fisik

Senin 01-08-2016,11:40 WIB

SELUMA SELATAN, BE - Penggunaan anggaran dana desa (DD) dari Pemerintah RI membawa banyak manfaaat bagi Desa Pasar Seluma, Kecamatan Seluma Selatan. Anggaran DD tahap awal sebesar 40 persen sebesar Rp 616 juta digunakan untuk membangun peningkatan sarana fisik di desa tersebut. Ada sebanyak 9 paket pekerjaan dan kini sudah hampir dirampungkan.

“Anggarannya sudah hampir terserap keseluruhan sekitar 85 persen. Sembilan peket pekerjaan itu juga ikut hampir terselesaikan. Tinggal tahap penyelesaian yang diperlukan,” sampai Pelaksana tugas Kepala Desa Pasar Seluma Rahmat Effendi Tanjung kepada BE kemarin (31/7).

Kades juga menambahkan, pekerjaan terhadap 9 paket pekerjaaan fisik di desa tersebut keseluruhannya dikerjakan secara bersama dan melibatkan warga desa. Pekerjaan ini ikut membawa keberuntunggan bagi warga desa. Adapun 9 paket pekerjaan tersebut antara lain, pembangunan jalan lingkungan sepanjang 87 meter dengan lebar jalan lingkungan desa mencapai 2,7 meter. Siring pasang dengan panjang 276 meter.

Selain itu, dibangunkan juga jalan sentra produksi sepanjang 100 meter, termasuk pengoralan jalan itu sendiri. Ada juga pembamgunan rabat beton sepanjang 167 Meter, jalan layang sebanyak 2 unit dengan panjang 87 Meter, peningkatan tambat penahan air, jalan usaha tani juga menjadi perhatian sepanjang 100 meter. Selain itu DD ini juga di pergunakan untuk pembangunan pagar tempat pemakaman umum (TPU) warga Desa Pasar Seluma.

Dibeberkan Plt Kades, ditahun 2016 seluruh fasilitas fisik desa yang dibangun denggan anggaran dari DD bisa diselesaikan, tidak perlu di kawatirkan tidak terselesaikan.

Sementara untuk anggaran alokasi dana desa (ADD) sebesar Rp 314 juta dipergunakan untuk peningkatan fasilitas balai desa yang belum keseluruhannya terselesaikan.

“Sejumlah pekerjaan fisik dari ADD tetap juga ada di pergunakan serta peningkatan kepentinggan desa lainnya,” singkatnya.(333)

Tags :
Kategori :

Terkait