Kota Bengkulu Peraih Nilai 100 Terbanyak

Jumat 24-06-2016,10:40 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 

BENGKULU, BE - Siswa Kota Bengkulu berhasil tampil sebagai peraih nilai sempurna terbanyak. Dari 149 siswa peraih nilai sempurna se-Provinsi Bengkulu, 105 orang diantaranya siswa dari Kota Bengkulu. Rinciannya bahasa Indonesia 3 orang, matematika 5 orang dan IPA 99 orang.

Pelaksana tugas harian yang juga Kasi P2TK Pendidikan Dasar (Dikdas) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu Hery Suryadi MPd mengungkapkan,\'\' Kita bersyukur tahun ini kota Bengkulu berada rangking pertama pada jumlah nilai ujian sekolah/madrasah tahun ini dengan total nilai (223,93). Ada 149 siswa Kota Bengkulu meraih nilai sempurna.\'\'

Nilai sempurna mata pelajaran bahasa Indonesia diraih Sophia Safa Salsabila dari SDN 5 Kota Bengkulu, Dwi Diniah Maharani dari SDN 20 Kota Bengkulu dan Naura Syahla Akmal dari SDIT IQRA 2 Kota Bengkulu. Kemudian mata pelajaran matematika diraih Barbyel Hawel dari SDN 1 Kota Bengkulu, Adinda Ayu Lestari SDN 61 Kota Bengkulu, Anggi Rohaima SDN 62 Kota Bengkulu Eugenius Praanda Sinabutar SD Sint Carolus, Naufal Daffa Zayyan SDIT Iqro\'1. Dan IPA menyebar di 24 sekolah di kota Bengkulu.

Siswa peraih nilai sempurna terbanyak di SDN 8 kota Bengkulu sebanyak 40 siswa, 15 siswa SDN 71 kota Bengkulu, 10 siswa SDIT Iqro\' 1 Kota Bengkulu, 5 siswa dari SDN 16 Kota Bengkulu, 4 siswa SD Pelita Kasih, 3 siswa Sint Carolus, SDIT Alhasanah, SDIT Iqro\' 2, MI nurul Huda, SDN 76, SDN 73, SDN 5 Kota Bengkulu, SDN 62 Kota Bengkulu dan SDN 69 kota Bengkulu serta SDN 19 kota Bengkulu masing-masing 2 siswa, selebihnya satu siswa di SDN 1, SDN 20, SDN 24, SDN 36, SDN 61, SDN 65, SDN 99, SD Muhammadiyah 5 dan MI Muhammadiyah.

Kemarin (Kamis, 23/6), Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Bengkulu, melalui kasi pembinaan Sekolah Dasar (SD) telah mendistribusikan hasil Ujian Sekolah itu ke masing-masing satuan pendidikan, untuk dijadikan bahan pertimbangan kelulusan sekolah yang akan dilakukan serentak besok (25/6).

Nilai rerata ujian sekolah tertinggu di Kota Bengkulu diperoleh SDIT IQRA 1 Kota Bengkulu. Diraih siswa bernama Naufal Daffa Zayyan. Dengan jumlah nilai (292.0) rincianya bahasa Indonesia (92,0), matematika (100), dan ilmu pengetahuan alam (IPA) (100), rerata tertinggi kedua diraih Duta Pratama dari SDM 8 Kota Bengkulu dengan total nilai 291 rincianya bahasa Indonesia (96,0), matematika (95,0) dan IPA (100). Peringkat ketiga diraih SDN 61 kota Bengkulu atas nama Adinda Ayu Lestari. Dengan total nilai (291.0) rincianya bahasa Indonesia (96.0), matematika (100) dan IPA (95,0).

\"Ini luar biasa peningkatan perolehan nilai sempurna, disumbang dari sekolah SDN 8 kota Bengkulu, yakni mencapai 40 siswa, \" katanya.

Herry menegaskan, perolehan nilai sempurna ini tahun sebelumnya kerap diperoleh bagi sekolah-sekolah favorit seperti SDN 5, SDN 1, dan SDIT, namun untuk tahun ini justru SDN 5 dan SDN 1 kota Bengkulu perolehan nilai sempurnanya menurun dan bisa dikatakan kalah dengan sekolah swasta. Penurunan itu belum diketahui penyebabnya, kemungkinan ada sesuatu dan lain hal menyebabkan prestasi sekolah ini menurun.

Penurunan prestasi sejumlah sekolah bisa saja disebabkan berbagai kendala. Selain kualitas soal yang susah, sehingga ketika ujian siswa tidak paham.

\"Bisa jadi siswa yang nilai sempurna adalah siswa cerdas dalam bidangnya, terlalu dini adanya indikasi kecurangan. \" tegasnya.

Kepala SDN 8 Kota Bengkulu, Muhammad Herta saat dikonfirmasi BE mengaku, sangat terkejut dan tidak menyangka sebanyak 40 siswanya meraij nilai sempurna pada mata pelajaran IPA.

\'\'Prestasi ini merupakan hasil kerja keras semua pihak, anak guru dan walimurid,\'\' katanya.

Diakui selama enam bulan kepemimpinanya, Muhammad Herta melihat prestasi itu berkat andil perjuangan wali kelas dalam membimbing anak didiknya. Cara pembelajaran yang dilakukan selain selalu melakukan pembahasan soal, try out selama tiga bulan menjelang ujian penuh memberikan pelajaran tambahan yang dilakukan setiap hari.

Dibeberkanya jumlah peserta ujian di sekolahnya sebanyak 102 siswa, terbagi tiga kelas biasa dan satu akselerasi. Dan 102 peserta US dibagi enam ruang ujian, dan diketahui 40 siswa peraih nilai sempurna bukan berada dalam satu ruang melainkan menyebar dihampir semua ruangan.

Prestasi ini mengulang sejarah dua tahun lalu, saat itu SD 08 kota Bengkulu pun meraih nilai sempurna hanya saja di mata pelajaran Matematika. \" Ini suport dan (247)

Ditemukan Nilai US Kosong

BENGKULU, BE- Meskipun hasil nilai uian sekolah (US) di Kota Bengkulu sudah diketahui, namun belum seluruhnya keluar. Pasalnya, ditemukan ada satu siswa yang nilai US-nya kosong. Belum diketahui penyebab kosongnya nilai tersebut. Kasi Pembinaan Sekolah Dasar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Kota Bengkulu Minarni SPd mengatakan, siswa yang nilainya kosong itu dari SDN 24 Kota Bengkulu. Dari keterangan sekolah, peserta ini terdaftar dalam daftar nominasi tetap (DNT) US dan mengikuti ujian sekolah pada 16-19 Mei lalu. Hanya saat pelaksanaan pada hari pertama siswa bersangkutan berhalangan hadir sehingga mengikuti ujian susulan. Nilai US itulah yang hingga pendistribusian nilai kemarin belum keluar. Nilai siswa bersangkutan yang keluar hanya mata pelajaran Matematika dan IPA, sedangkan bahasa Indonesia kosong. \'\' Saat ini kita masih menunggu laporan, apakah ada sekolah lain yang mengalami nasib yang sama. Dinas Dikbud masih melakukan pendataan dan meminta sekolah mengusulkan nama-nama siswa yang nilainya belum keluar. Laporannya dilengkapi bukti kepesertaan siswa dalam ujian,\'\' katanya. Terkait temuan ini, Dinas Dikbud Kota Bengkulu berkoordinasi dengan Dispendik provinsi, namun Dispendik pun meminta keterangan nilai kosong itu dikarenakan siswa bersangkutan benar-benar tidak hadir atau disebabkan Lembar jawaban komputer (LJK) yang tidak terbaca. Terkait status kelulusan siswa yang nilainya kosong tersebut, Minarni mengatakan, selama nilai itu belum keluar, maka secara aturan siswa dinyatakan tidak lulus. Setelah nilainya ditemukan dan dikeluarkan oleh tim Dinas Pendidikan provinsi Bengkulu, maka status tidak lulusnya diubah dan siswa tersebut bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. (247)
Tags :
Kategori :

Terkait