Trend Gadget Dikalangan Masyarakat

Sabtu 11-06-2016,08:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

 PASAR gadget di seluruh dunia saat ini berkembang pesat. Hal ini bisa di lihat dari banyaknya merek-merek gedget ternama seperti Samsung, blackberry Iphone, Asus dan lain-lain. Mereka berkompetisi menunjukan hasil karya yang semakin canggih dan menunjukan kemanfaatannya kepada para calon pengguna. Dengan semakin tingginya antusiasme masyarakat modern yang menggilai perkembangan gadget, maka hal ini menjadi salah satu kesempatan bagi pabrik gadget terkemuka untuk memproduksi gadget yang sedang diminati penduduk dunia saat ini.

Produk elektronik termasuk dalam katagori produk high involvement yang memerlukan pemikiran dan pertimbangan sebelum memutuskan untuk membelinya. Hal ini terkait dengan sifat produk yang merupakan barang dengan tingkat teknologi tertentu serta digunakan dalam jangka waktu yang relatif lama. Masyarakat dunia sekarang ini lebih identik pada perkembangan teknologi khususnya gadget. Bukan hanya pabrik gadget raksasa saja yang berlomba lomba bersaing memproduksi gadget tercanggih, akan tetapi pabrik gadget pendatang baru juga mengambil langkah cepat agar bisa bersaing dengan pabrik gadget raksasa yang telah lama menguasai pasar gadget modern. Strategi utama yang paling umum digunakan untuk merk gadget pendatang baru pada saat ini adalah spesifikasi yang tinggi dengan harga yang relatif terjangkau, langah ini terbukti lebih efektif untuk mendongkrak penjualan gadget yang mereka hasilkan.

Perkembangan Teknologi dan informasi sangat disambut antusias oleh masyarakat dari semua kalangan, karena masyarakat merasa dimudahkan dalam mencari informasi tentang apapun yang dibutuhkan dan segala macam hiburan yang terdapat pada dunia maya atau internet. Dengan alasan tersebut maka  diciptakan produk komputer yang dikemas dalam bentuk telepon selular atau masyarakat menyebutnya dengan sebutan gadget. Dengan alat tersebut akan  mempermudah masyarakat dalam menggunakan jaringan internet tanpa harus menggunakan komputer. Masyarakat dapat dengan mudah mencari informasi dimana pun dan kapan pun sesuai keinginan mereka. Fitur dan media yang di tawarkan gadget bermacam-macam semua disesuaikan dengan kebutuhan dan juga harga jual, pada saat ini gadget merupakan sebuah trend atau sebuah symbol bentuk sebuah intelektual yang tinggi, makin mahal atau makin lengkap fitur yang dimiliki oleh seseorang maka makin mudah seseorang memperoleh informasi.

Trend gadget sudah merambat ke semua kekalangan masyarakat, bahkan saat ini hampir semua masyarakat sudah memiliki sebuah gadget. Fungsi dan bentuk dari gadget pun bermacam-macam. Masyarakat umumnya memiliki gadget digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga, teman atau pun orang sekitarnya. Fitur-fitur yang dimiliki gadget umumnya sudah terbaru yaitu dilengkapi dengan kamera, internet browser dan fitur lain nya dalam mendukung proses belajar atau pun untuk berbagi informasi. Sehingga proses penyebaran komunikasi akan berjalandan dengan cepat. Salah satu fitur yang paling terkenal dan menarik dari gadget adalah internet. Hasil survey membuktikan 80% para pengguna gadget yang sudah terlalu asik menggunakan gadget, cenderung tidak peduli pada keadaan sekitar dan kurang berkomunikasi dengan sekitar. Hal ini menyebabkan kurang nya jiwa sosial seseorang dan kepedulian terhadap sekitar, para pengguna gadget tidak peduli tempat, waktu, kondisi dalam menggunakan gadget.

Manusia pada dasarnya tidak pernah puas dengan apa yang dimilikinya. Hal itulah yang menjadi alasan mengapa manusia tidak pernah bosan melakukan perilaku konsumtif dalam kehidupan sehari-hari. Tiada hari tanpa belanja, selalu dan bahkan mungkin setiap hari. Adanya pengaruh dari berbagai media seperti televisi, koran, majalah, maupun internet semakin memudahkan para konsumen untuk mendapatkan informasi mengenai barang-barang yang sedang up to date saat ini. Disitulah fungsi iklan berperan. Tak hanya dibidang fashion saja, adanya peningkatan permintaan terhadap barang-barang teknologi seperti gadget-gadget canggih semakin membuat masyarakat menjadi konsumtif. Bahkan masyarakat ingin tampil berbeda agar dipandang keren dan tidak ketinggalan zaman. Masyarakat pun akhirnya jadi sulit membedakan antara kebutuhan dan keinginan. Hal ini dapat  kita perhatikan pada toko-toko elektronik smartphone yang sudah menjamur di bengkulu. Di hari-hari biasa tempat tersebut selalu ramai pengunjung dan semakin membludak pada hari libur seperti hari raya atau hari besar lainnya. Realitanya saat ini sudah banyak masyarakat yang mempunyai telepon seluler lebih dari satu. Bahkan tak jarang dari mereka mempunyai dua sampai tiga telepon seluler di dalam sakunya. Bagi sebagian besar masyarakat hal tersebut tidak menjadi sesuatu yang aneh, bahkan sudah di anggap hal biasa.

Handphone beraplikasi Android mulai banyak diburu masyarakat saat ini. Seperti Samsung yang sekarang kedudukannya mulai menggeser kepopuleran Blackberry. Persaingan antar perusahaan teknologi pun semakin ketat. Banyak keluaran produk-produk asing yang juga menawarkan aplikasi Android dengan harga yang terbilang miring. Hal ini semakin membuat masyarakat tergiur untuk memilikinya. Dengan beragamnya pilihan produk elektronik yang tersedia di pasar Indonesia, konsumen Indonesia menunjukkan minatnya terhadap produk yang bermerk dan dikenal. Hal ini juga didukung oleh Data penjualan elektronik bermerek di Indonesia yang mengalami peningkatan dari tahun ke tahun.

Karena fungsi dan fitur dalam gadget sudah hampir sama dengan komputer bahkan dibuat lebih simple dengan bentuk yang jauh lebih kecil. Selain itu ada juga pengguna gadget yang menggunakan gadget untuk exist dijaringan sosial seperti facebook, instagram dan twitter, dan juga ada yang menggunakan gadget untuk masuk kedalam situs-situs terlarang yang berbau pornografi.apa lagi situs- situs tersebut mudah sekali di akses hal tersebut akan sangat merugikan apa lagi banyak generasi muda yang belum pantas  atau di bawah umur dapat dengan mudah masuk dan mengaksesnya. Hal – hal seperti ini yang merusak moral dan akhlaq kalangan masyarakat saat ini, karena gadget, jiwa sosial mereka atau interaksi langsung terhadap sekitar itu berkurang, mereka cenderung menyapa melewati jejaring sosial yang disediakan, dan mereka memperoleh segala informasidan kebutuhan itu melalui internet yang berada dalam gadget pribadinya.

Gadget bisa memberi kerugian bagi penggunanya salah satunya ketidak mampuan untuk hidup sendiri, contohnya hampir setiap pengguna jejaring sosial seperti facebook atau twitter bercerita mengenai hidupnya kepada orang lain lewat update status, kemudahan akses internet melalui gadget membuat mahasiswa mudah cepat mendapatkan informasi atau sesuatu yang diinginkan. Akibatnya mahasiswa menjadi malas, tidak mau berusaha dan tidak tahan banting. Gadget memudahkan hidup kita, namun kita perlu membatasi waktu penggunaannya sehingga tidak mengganggu waktu bersama keluarga dan sahabat. Selain itu, akseslah situs-situs yang bermanfaat dan membuat kita semakin cerdas, intinya penggunaan gadget atau smartphone harus diikuti dengan smart user atau pengguna yang pintar yang bisa memilah dan memilih dan memanfaatkan gadget untuk kepentingan yang bermanfaat dan baik.

Disadari atau tidak kecenderungan perilaku konsumtif ini membuat kita menjadi mengesampingkan kebutuhan yang lebih penting demi mendapatkan barang yang di inginkan namun tidak terlalu dibutuhkan. Karena konsumerisme merupakan gaya hidup yang mengangap barang-barang mewah sebagai ukuran kebahagiaan, kesenangan, dan sebagai gaya hidup yang tidak hemat. Kebutuhan akan barang teknologi terbaru saat ini, tampaknya menjadi ‘magnet tersendiri’ bagi sebagian orang. Alasan mereka kebanyakan karena mengandalkan trend, selain itu mereka juga melihat fungsi dan tampilannya yang menjadikan pemilik mempunyai nilai prestise yang lebih tinggi di masyarakat. Sehingga mereka tidak dicap sebagai orang yang jadul atau ketinggalan zaman. (**)

Penulis Adalah Mahasiswa Jurusan Manajemen Universitas Bengkulu.

 
Tags :
Kategori :

Terkait