2013, Belanja Pegawai Lampaui 50%, BU Tidak Bisa Terima PNS

Senin 14-01-2013,14:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Pelaksanaan tes CPNS tahun ini terancam tidak ada karena beban belanja pegawai sudah melebihi 50% dari total anggaran daerah.Pemerintah pusat keberatan jika pemerintah daerah menggelar tes CPNS yang dinilai makin membebani keuangan daerah. Jika hal itu dilaksanakan, pembangunan daerah akan mengalami kendala karena anggarannya berkurang. \"Nampaknya tes CPNS tahun ini ditiadakan karena faktor beban anggaran,\" kata Kepala BKPPD, Dullah SE MM.

Terkait hal ini, pemerintah daerah akan mengoptimalkan pegawai yang dimiliki untuk melaksanakan tugas pelayanan kepada masyarakat. Walaupun disatu sisi, kebutuhan pegawai di pos tertentu sangat dibutuhkan karena minimnya personil.\"Tenaga kesehatan dan pendidikan masih sangat kurang dan semestinya perlu ditambah. Namun kendalanya pemerintah daerah tidak bisa melaksanakan tes CPNS,\" jelasnya.

Sementara itu, terkait mutasi yang dilakukan. Hal itu dilakukan sesuai kebutuhan yang memang sangat diperlukan. Bahkan rencananya awal tahun ini, mutasi kembali akan digelar untuk jabatan-jabatan strategis.\"Kita tunggu saja waktunya, dalam waktu dekat ini ada mutasi yang akan langsung dilakukan bupati,\" jelasnya.

Mutasi yang dilakukan tidak sembarangan namun dilihat dari masa kerja dan kinerja pegawai selama ini. Proses itu sudah dipertimbangkan dan hasil keputusan bersama. \"Mutasi itu sudah melalui sejumlah pertimbangan dan berdasarkan evaluasi kinerjanya,\" tukasnya. (117)

 

Tags :
Kategori :

Terkait