Disnakan Rejang Lebong Bangun Lab BBI

Senin 29-02-2016,09:50 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP, BE - Dinas Peternakan dan Perikanan Rejang Lebong saat ini tengah membangun Laboratorium perikanan di kawasan Balai Benih Ikan yang ada di Dusun Baru Kecamatan Curup Selatan. Pembangunan Laboratorium tersebut guna mendukung sertifikat Cara Pembudidaya Ikan yang baik (CPIB) dari kementerian kelautan dan perikanan.

\"Pembangunan Laboratorium ini merupakan salah satu upaya kita dalam menunjang agar diraihnya CPIB untuk BBI ini,\" ungkap Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Rejang Lebong Ir Amrul Eby MM

Menurut Eby, selain laboratorium beberapa penunjang lainnya juga telah dibangun oleh di BBI Dusun Baru salah satunya pagar. Pagar tersebut sudah mulai dibangun sejak tahun 2015 lalu. Selanjutnya gudang yang juga telah dibangun oleh pihaknya. Kemudian persyaratan lainnya untuk diraih CPIB adalah BBI Dusun Baru harus dilengkapi dengan Biosecurity.

\"Biosecurity ini nanti akan kita bangun dibeberapa titik, mulai dari gerbang masuk hingga beberapa tempat lainnya,\" jelas Eby

Dalam kesempatan tersebut, Eby juga menjelaskan bahwa CPIB merupakan standar system mutu perbenihan paling dasar/sederhana yang seharusnya diterapkan oleh pembenih ikan dalam memproduksi benih ikan yang bermutu, dengan cara melakukan manajemen induk, pemijahan, penetasan,telur, pemeliharaan larva/benih dalam lingkungan yang terkontrol.

Kegiatan tersebut dilakukan dengan penerapan teknologi yang memenuhi persyaratan SNI atau persyaratan teknis lainnya, serta memperhatikan biosecurity, dan keamanan pangan

Skema proses untuk mendapatkan benih ikan yang bermutu adalah sebagai berikut  tumbuh cepat, seragam, sintasan tinggi, adaptif terhadap lingkunagn budidaya, efisien dalam penggunaan pakan, tahan terhadapa penyakit, tidak mengandung residu obat dan bahan kimia.

\"Dari empat BBI yang kita miliki di Rejang Lebong, hanya BBI Dusun Baru ini yang menuju CPIB, namun kedepannya semua BBI akan kita jadikan CPIB semua,\" akhir Eby.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait