450 Siswa Rejang Lebong Ikut OSN

Jumat 19-02-2016,09:28 WIB
Reporter : redaksi
Editor : redaksi

CURUP UTARA, BE - Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat Kabupaten Rejang Lebong dilaksanakan kemarin di SMAN 1 Curup Utara. Setidaknya 450 siswa dari 16 SMA di Rejang Lebong mengasah kemampuannya diajang bergengsi tersebut.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana OSN tingkat Kabupaten Rejang Lebong, Drs Ansori, peserta kegiatan tersebut terbagi dalam sembilan mata pelajaran yang dilombakan. Kesembilan mata pelajaran tersebut adalah 46 orang siswa pada mata pelajaran Matematika, kemudian 43 orang siswa pada mata pelajaran kimia, 44 orang siswa pada mata pelajaran biologi, 42 orang siswa pada mata pelajaran fisika.

Selanjutnya 40 orang siswa mengikuti perlombaan pada mata pelajaran TIK, 42 orang siswa pada mata pelajaran kebumian dan 44 orang siswa pada mata pelajaran ekonomi serta 42 orang siswa lainnya pada mata pelajaran geografi.

\"Untuk pemeriksa jawaban atas soalnya dikerjakan para peserta dilakukan oleh panitia dari provinsi, jawabannya akan dikirim melalui email,\" jelas Ansori yang juga menjabat Kabid Dikmen Dinas Pendidikan Rejang Lebong.

Lebih lanjut Ansori menjelaskan, dengan adanya kegiatan OSN ini diharapkan bisa menjaring sisiwa yang berkompensi khususnya pada sembilan mata pelajara yang diperlombakan tersebut. Dimana nantinya pemenang pada tingkat Kabupaten Rejang Lebong ini akan mewakili Rejang Lebong pada tingkat Provinsi Bengkulu.

\"Kita berharap kegiatan ini bisa melahirkan siswa kita yang cerdas dan terampil, yang bukan hanya mewakili Rejang Lebong ke Provinsi Bengkulu namun juga bisa mewakili Bengkulu ke kancah nasional,\" harap Ansori.

Sementara itu, Wakil Bupati Rejang Lebong, Iqbal Bastarai SPd MM dalam sambutannya saat membuka acara menyatakan sangat mendukung kegiatan seperti OSN kemarin. Karena menurutnya kegiatan tersebut diharapkan bisa memicu para siswa yang ada di Rejang Lebong untuk meningkatkan daya saya sesuai dengan bidang mata pelajaran yang digemarinya.

Namun menurut Iqbal, terlepas dari siapa yang akan memenangkan kompetisi tersebut, ia lebih mengharapkan baik para siswa maupun juri bisa melaksanakan kompetisi tersebut dengan jujur.

\"Saya harap baik peserta maupun panitia seperti juri dapat bersikap jujur, sehingga kegiatan ini bisa terlaksana dengan baik dan hasilnya sesuai dengan tujuan dari kegiatan ini,\" harap Iqbal.

Selain kegiatan OSN, dalam kegiatan tersebut juga dilaksanakan perlombaan lainnya yaitu Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Olimpiade Guru Nasional (OGN) tingkat SMA/SMK. Selain dihadiri Wakil Bupati Rejang Lebong, kegiatan tersebut juga dihadiri Plt Sekda Rejang Lebong Ir Zulkarnain ST MT, Kepala Dinas Pendidikan Rejang Lebong, Zakaria Efendi MPd serta kepala sekolah dari sejumlah SMA yang ada di Rejang Lebong. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait