35 Ribu Warga RL Belum Miliki KTP-el

Sabtu 19-12-2015,12:02 WIB

CURUP, BE- Meskipun pelaksanaan perekaman maupun pencetakan KTP Elektronik (KTP el) sudah dilakukan dalam beberapa tahun terakhir. Namun hingga saat ini masih banyak masyarakat Rejang Lebong yang belum memiliki KTP el tersebut.

Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Rejang Lebong, Santoso SH MSi hingga saat ini masih ada sekitar 35 ribu warga Rejang Lebong yang belum memiliki KTP-el. Karena menurut Santoso dari total wajib KTP yang ada di Rejang Lebong sebanyak 194.700 jiwa, hingga saat ini yang sudah melakukan pencetakan sekitar 158.969 jiwa

\"Jumlah yang belum memiliki KTP ini kita prediksi semakin bertambah seiring dengan bertambahnya wajib KTP di Rejang Lebong ini,\" jelas Santoso.

Menurut Santoso, jumlah KTP el yang telah dicetak tersebut baik yang dilaksanakan oleh pemerintah pusat maupun oleh pihak dukcapil Rejang Lebong. Untuk pencetakan yang dilakukan pemerintah pusat yaitu hingga akhir tahun 2014 lalu yaitu sebanyak 146.969 jiwa.

\"Untuk tahun 2015 ini total yang telah kita cetak di Dukcapil ini sebanyak 12 ribu,\" tambah Santoso. Lebih lanjut Santoso menjelaskan, sejauh ini pelaksanaan pencetakan KTP el di Rejang Lebong tidak mengalami kendala yang berarti.

Bahkan menurutnya hingga saat ini masih ada sisa blank KTP el sekitar 5 ribu blanko dari toral blangko yang dimiliki Dukcapil Rejang Lebong pada tahun 2015 ini sebanyak 18 ribu blangko.

\"Yang saat ini menjadi kendala kita hanya terkait listrik saja, bila listrik padam maka kita tidak bisa melakukan apa-apa,\" papar Santoso.

Dalam kesempatan tersebut ia juga menjelaskan dari hasil rekam massal yang dilaksanakan dipemerintah pusat pada tahun 2013 lalu, masih ada 2.576 KTP el yang belum bisa mereka cetak. Hal tersebut dikarenakan beberapa faktor mulai dari data ganda, data tidak bisa diunggah hingga data tidak valid.

\"Untuk yang bermasalah itu, saat ini sedang kita lacak masalahnya ada dimana untuk segera kita perbaiki,\" akhir Santoso. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait