Rejang Lebong Terima Logistik Penanganan Bencana

Jumat 04-12-2015,14:27 WIB

CURUP, BE - Memasuki musim hujan yang rentan akan terjadinya bencana alam. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Rejang Lebong menerima sejumlah perlengkapan dan logisti untuk penangan bencana dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Menurut Kepala BPBD Rejang Lebong, Masdar Helmi saat ditemui di komplek kantor Bupati Rejang Lebong kemarin (3/12). Bantuan yang diberikan tersebut antara lain kendaraan operasional dan sejumlah logistik untuk penangan bencana. \"Untuk kendaraan operasional yang kita terima antara lain, satu unit mobil tanki air dengan kapasitas 4 ribu liter. Kemudian dua unit motor trail serta satu unit mobil peralatan dapur,\" jelas Masdar Helmi.

Selain kendaraan operasional bantuan lain yang diterima BPBD Rejang Lebong adalah perlengkapan sekolah serta sejumlah makanan cepat saji. Dimana menurut Masdar Helmi bantuan tersebut sudah tiba di Rejang Lebong dan akan segera mereka laporkan dengan Penjabat Bupati Rejang Lebong H Andi Roslinsyah ST MT.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bantuan yang diberikan pemerintah pusat tersebut untuk mengantisipasi terjadinya bencana dan kesiapsiagaan petugas BPBD untuk meminimalisir dampat bila memang terjadi bencana. Sementara itu, terkait dengan kesiapan pihaknya dalam menghadapi kemungkinan bencana alam yang terjadi pada musim hujan seperti saat ini.

Menurut Masdar Helmi pihaknya telah menyiagakan sebanyak 70 personil yang tergabung dalam Tim Reaksi Cepat (TRC). Dimana tim ini beranggotakan dari berbagai dinas instansi terkait mulai dari TNI, Polri, Dinas Kesehatan, Dinas PU, PMI serta sejumlah pihak terkait lainnya.

\"Yang perlu kita waspadai saat ini adalah terjadinya longsor dan banjir terutama disepanjang daerah aliran sungai Musi,\" aku Masdar.

Masih menurut Masdar peluang akan terjadinya longsor diawal musim hujan seperti saat ini masih sangat tinggi. Dimana saat ini kontstur tanah masih sangat labil setelah kemarau beberapa waktu lalu, dimana akibat kering banyak timbul celah-celah didalam tanah saat terkena air hujan bisa menimbulkan longsor.

\"Untuk daerah yang potensi terjadinya longsor di Rejang Lebong ini ada di Kecamatan Sindang Kelingi dan Sindang Dataran, oleh karena itu kita meminta masyarakat didua kecamatan tersebut, khususnya yang bermukim dikawasan yang dekat dengan tebing untuk selalu waspada,\" harap Masdar Helmi. (251)

Tags :
Kategori :

Terkait