Diportal Warga Semangus, Jalinsum Lubuklinggau – Sekayu Lumpuh

Rabu 26-08-2015,16:55 WIB

MUSIRAWAS, BE - Akses jalan lintas Musirawas menuju ke Palembang melintasi jalur Sekayu lumpuh, setelah diportal oleh warga Dusun Semangus Baru, Desa Rengas, Muara Lakitan Kabupaten Musirawas, Selasa (25/8). Pemortalan Jalinsum diperkirakan dimulai sekitar 10.00 WIB pagi, oleh lebih kurang 150 orang warga. Mereka membakar ban serta melintangkan batang kayu ke tengah jalan. Akibatnya akses jalinsum baik dari arah Sekayu maupun dari Palembang menuju ke Musirawas, lumpuh total.

Informasi yang dihimpun BE menyebutkan, aksi pemortalan dan pemblokiran jalan diduga dipicu karena tuntutan warga ke pihak PT London Sumatera (Lonsum) supaya diberikan lahan plasma, hingga saat ini belum diberikan . Kapolres Musirawas, AKBP Nurhadi Handayani membenarkan adanya warga dari Dusun Semangus yang melakukan aksi pemortalan jalan lintas Sumatera tersebut.

\"Informasi dari Kepala Desa Rengas, pemblokiran jalan di Dusun Semangus itu pemicunya adalah permintaan warga ke pihak PT Lonsum supaya menyelesaikan masalah plasma, belum dipenuhi pihak PT,” ujar Kapolres.

Kapolres mengatakan, akses jalan umum tentunya dilarang untuk ditutup, sebab jalan itu akses jalan negara.

Sementara itu, Pihak Polres Musirawas melalui Unit Lantas mengimbau kepada pengguna jalan dari Kota Lubuklinggau yang akan melewati jalan menuju ke Musi Banyuasin (Sekayu), Banyuasin, Palembang atau sebaliknya untuk sementara dialihkan ke jalan menuju Empat Lawang , Tebing Tinggi, Lahat.

“Apa bila jalan tersebut sudah bisa dilewati kembali, kami akan menginformasikan kembali kepada anda khususnya penguna jalan,” ujar Kapolres. (222)

Tags :
Kategori :

Terkait