Tampung Aspirasi Rakyat dan Terima Tanah Hibah

Kamis 20-08-2015,10:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Pimpinan DPD RI Disambut Ramah Riri John Latief BENGKULU, BE - Dalam rangka melakukan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Aspirasi Daerah dan Serah Terima Sertifikat Tanah Gedung Dewan Perwakilan Daerah Republik Indonesia (DPD RI), Wakil Ketua DPD RI Prof DR Farouk Muhammad mendatangi Provinsi Bengkulu sekitar pukul 16.00 WIB, kemarin (19/8/2015). Kehadiran Guru Besar bidang Kriminologi dan Sistem Peradilan Pidana ini disambut ramah oleh Senator Belia kelahiran Bengkulu, Riri Damayanti John Latief SPsi. Bersama Riri, Prof DR Farouk Muhammad juga disambut oleh anggota DPD RI yang lain, Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah, Wakil Gubernur Sultan B Najamudin, Danrem 041 Gamas Kolonel Inf Fajar Budiman SIp, Kapolda Bengkulu Brigjen Pol Drs M Ghufron MM MSi, berikut jajaran aparatur pemerintahan lainnya.

Diwawancarai usai menginjakkan kakinya di Bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu, pria kelahiran Bima 17 Oktober 1949 ini mengatakan Rapat Koordinasi Sinkronisasi Aspirasi Daerah yang akan ia ikuti hari ini (20/8), bertujuan untuk menjaring aspirasi masyarakat yang terkait dengan materi pembahasan alat kelengkapan DPD RI sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing anggota DPD RI dari daerah pemilihan Provinsi Bengkulu.

Dengan koordinasi tersebut, masyarakat dan pemangku kebijakan yang ada di Provinsi Bengkulu dapat mengetahui sejauh mana aspirasi masyarakat diserap untuk kemudian diformulasikan sesuai dengan fungsi legislasi, pengawasan dan pertimbangan sebagai wujud nyata kinerja lembaga DPD RI dalam mengawal pelaksanaan otonomi daerah dan pentingnya membangun Indonesia dari daerah-daerah.

\"Diluar rapat ini kami juga melakukan Media Visit di beberapa media serta akan ada pertemuan dengan unsur Muspida Provinsi Bengkulu, KPU Provinsi Bengkulu, KPU Kota Bengkulu, Panwaslu, dan lain-lain untuk melihat kesiapan dan kemantapan penyelenggaraan pemilihan Kepala Daerah di Provinsi Bengkulu,\" kata mantan Kapolda NTB dan Maluku ini kepada BE kemarin.

Tak kalah pentingnya, lanjut Farouk, agenda Serah Terima Sertifikat Tanah Gedung DPD RI dari Sekretariat Daerah Provinsi Bengkulu kepada Sekretaris Jenderal DPD RI. Dengan keberadaan Kantor Perwakilan DPD RI di Provinsi Bengkulu nantinya, ia berkeyakinan pola komunikasi dan interaksi antara anggota DPD RI dengan masyarakat maupun daerah dapat berjalan dengan baik sesuai dengan amanah UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD, dan DPRD.

Sementara Riri Damayanti John Latief bersama anggota DPD RI lainnya menyambut baik Serah Terima Sertifikat Tanah Gedung DPD RI tersebut. Menurut Riri, keberadaan Kantor Perwakilan DPD RI yang representatif akan membuat sarana sosialisasi dan publikasi atas kinerja DPD RI akan semakin optimal dan massif.

\"Dengan adanya Gedung DPD RI di Bengkulu, hubungan positif antara DPD RI dengan para pemangku kebijakan dan masyarakat Bengkulu dapat semakin erat. Dengan demikian percepatan pembangunan daerah dapat semakin maksimal,\" demikian Riri.

Sebagaimana direncanakan, Prof DR Farouk Muhammad akan berada di Bengkulu hingga hari Jum\'at (21/8/2015). Dalam Rapat Koordinasi Sinkronisasi Aspirasi Daerah, Prof DR Rarouk Muhammad akan mengikuti pemaparan aspirasi masyarakat Bengkulu oleh anggota DPD RI. Disamping itu ada pula usulan terhadap Program Legislasi Nasional (Prolegnas) 2016 dari sudut pandang akademisi serta sosialisasi pencegahan tindak pidana korupsi dan pengelolaan kepemerintahan yang baik. (151)

Tags :
Kategori :

Terkait