PLN Targetkan 6 Ribu Sambungan Prabayar

Rabu 22-07-2015,16:13 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Perusahaan Listrik Negara (PLN) Rayon Curup terus melakukan upaya penggunaan listrik prabayar atau listrik pintar di Kabupaten Rejang Lebong. Bahkan untuk tahun 2015 ini PLN Rayon Curup menargetkan penambahan pelanggan yang menggunakan listrik prabayar sebanyak 6 ribu pelanggan.

\" Enam ribu pelanggan prabayar yang kita targetka tersebut baik untuk pelanggan baru maupun pelanggan lama yang melakukan mutasi dari KWH analog,\" ungkap supervisor Administrasi dan Layanan Pelanggan PT PLN Rayon Curup, Aini.

Terkait dengan realisasi dari target yang mereka tetapkan, menurut Aini hingga saat ini sudah lebi h dari 1.000 pelanggan yang menggunakan lisrik Prabayar pada tahun 2015 ini. Pihaknya optimis target yang mereka tetapkan akan tercapai diakhir tahun 2015 mendatang.

Menurut Aini, pihaknya optimis akan terealisasi karena hingga saat ini atau terhitung sejak awal tahun 2015 ini, pihaknya tidak lagi melayani pemasangan listrik dengan KWH analog.

\"Program pengalihan penggunaan listrik dari pascabayar ke prabayar akan dilakukan secara bertahap dan secara nasional,\" tambah Aini.

Lebih lanjut Aini menjelaskan saat ii calon pelanggan PLN bisa memilih listrik prabayar untuk tegangan 900 KWH khusus. Untuk tegangan 900 KWH ini diperuntukkan untuk masyarakat tidak mampu dengan syarat pemasangan menyertakan surat keterangan tidak mampu dari lurah atau kades serta melampirkan foto rumah yang akan memasang listrik.

\"Sedangkan untuk tegangan 1.300 KWH atau tegangan yang lebih besar lagi tidak dikenakan syarat keterangan tidak mampu dan hanya mengisi formulir pendaftaran,\" papar Aini.

Untuk jumlah pelanggan listrik prabayar di Rejang Lebong sendiri, Hingga saat ini Aini mengaku jumlah pengguna listrik prabayar di Rejang Lebong sudah mencapai 12 ribu pelanggan yang tersebar di 15 Kecamatan yang ada di Rejang Lebong.

Dalam kesempatan tersebut Aini juga mengungkapkan beberapa keuntungan menggunakan listrik Prabayar seperti pelanggan dapat mengatur pemakaian lisrtik misalnya hanya menyalakan lampu dan menggunakan peralatan elektronik seperlunya. Selain itu untuk pembelian token juga terbilang mudah karena bisa diperoleh diberbagai sudut kota mengingat pembelian bisa dilakukan secara online dengan nominal mulai dari Rp 10 ribu.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait