Empat Balon Sidik Jari

Senin 20-07-2015,15:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TAIS-BE- Menjelang pedaftaran pasangan calon yang akan mendaftar pada Pilkada Seluma, saat ini sejumlah nama yang akan maju baru beberapa orang saja yang mengurus sidik jari di Sat Reskrim Polres Seluma. Mereka yakni H Bundra Jaya, Gustiyanto, Suparto dan Herwan Effendi. Mereka mengusur sidik jari di Polres Seluma merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan surat keterangan catatan kepolisian (SKCK) yang dikeluarkan oleh bagian Sat Intelkam Polres Seluma.

Kapolres Seluma AKBP Joko Sadono SIK SH MH melalui Kasat Reskrim Iptu Ferry Putra Samodra mengatakan proses pengurusan sidik jari ini untuk melihat apakah calon tersebut pernah tesangkut pidana atau tidak.

Kemudian Sat Reskrim akan memberikan rekomendasinya ke Bagian Intelkam. Untuk diterbitkan SKCK nya oleh Intelkam. “Sampai sekarang baru empat calon yang sudah mengurus sidik jari ke bagian Reskrim. Kemdian kami akan memberikan rekomendasi sebelum bagian Intelkam mengeluarkan SKCK,” tegas Kasat Reskrim.

Jika memang calon yang sudah mengurus sidik jari pernah tersangkut pidana, maka dalam SKCK akan dijelaskan juga tindak pidana yang dilakukan oleh calon tersebut. Karena SKCK bukan merupakan surat keterangan bersih diri. Melainkan surat catatan kepolisian, yang menjelaskan rekam jejak seseorang apakah pernah tersangkut pidana atau tidak.

Sementara itu pendaftaran oleh KPU Seluma dipastikan tidak akan ditunda lagi. Serta akan dibuka pada Minggu (26/7) pekan depan. Sejauh ini sudah ada empat pasang yang akan maju pada Pilkada Seluma. yakni pasangan Bundra Jaya dengan Suparto, kemudian Mufran Imron dengan Gustiyanto dari jalur partai, dan Rosnaini Abidin dengan Yuliswan, serta salehan dengan Efan Afrianto yang maju dari jalur independen. (333)

Tags :
Kategori :

Terkait