Panwascam Butuh 195 PPL

Jumat 12-06-2015,14:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN,BE- Panitia pengawas Pilkada tingkat kecamatan (Panwascam) di Kabupaten Kaur, mulai merekrut para anggota pengawas Pilkada lapangan (PPL). Dalam perekrutan ini Panwacam membutuhkan 195 PPL yang tersebar di 195 desa dan kelurahan se-Kabupaten Kaur.

“Jumlah anggota PPL ini mencapai 195 orang atau satu orang di setiap desa, mereka ini nanti bertugas untuk megawasi Pilkada nanti,” kata Ketua Panwaslu, Bambang Irawan, SE melalui anggota Bidang Hukumdan Penanganan Pelanggaran(HPP) Titi Pirda Kusni S.Hi kemarin.

Titi mengatakan, proses perekrutan para anggota PPL ini dilakukan di kantor masing-masing panwascam, yang menyebar di 15 Kecamatan Kabupaten Kaur ini. Pendaftaran telah dibuka mulai Rabu (10/6) hingga Jum’at (12/6). Pengumuman admistrasi Sabtu (13/6), tes 14-15, pengumunan hasil tes 16 dan pelantikan Rabu (17/6). “Untuk informasi saya terima banyak warga yang berminat. Ada satu desa yang mendaftar sampai lima orang. Padahal yang dibutuhkan tiap desa hanya satu PPL saja,” terangnya

Menurutnya, perekrutan yang dilakukan panwascam terhadap PPL sudah diintruksikan pihaknya sejak beberapa hari lalu. Adapun persayaran dalam pendaftaran PPL ini, yakni surat lamaran, pas foto 4x6, KTP, Ijazah SLTA sederajad dan usia paling rendah 25 tahun.

“Yang jelas dalam pendaftaran ini warga desa setempat, dan bagi warga yang berminat ingin jadi anggota PPL silahkan daftar di kantor panwacam masing-masing kecamatan,” terangnya. Ditambahkannya, para anggota PPL setelah dilantik nanti akan langsung ditugaskan untuk mengawasi kinerja pengawasi TPS. Pengawas TPS sendiri bertugas mengawasi jalannya pelaksanaan Pilkada dan ada yang mengawasi TPS itu sendiri. “Panwascam, PPL, menjadi pemantau, atau juga bisa menjadi mitra pengawas lapangan. Untuk membantu Panwaslu dalam penyelengaraan Pilkada Kaur ini,” jelasnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait