Siswa Diminta Tak Coret-coret

Rabu 10-06-2015,09:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN,BE- Hasil Ujian Nasional (UN) tingkat SMP sederajat akan diumumkan, sore ini pukul 14.00 WIB, Rabu (10/6). Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tak diinginkan dalam merayakan kelulusan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dispenbud) Kaur mengingatkan para siswa untuk tak melakukan aksi corat-coret dan konvoi di jalanan.

“Kita imbau kepada siswa/siswi jika ingin merayakan kelulusannya untuk tidak mencoret-coret bajunya, lebih baik baju tersebut disumbangkan ke adik kelas atau orang yang lebih membutuhkan,” kata kepala Dispenbud Kaur Daud Abdullah, S.Pd melalui Kabid Dikdas David Marsal, A, Md saat mengelar rapat persiapan pengumana UN SMP di SMP 1 Tetap kemarin. Menurut dia, aksi perayaan kelulusan yang berlebihan jelas tidak sebanding dengan nilai pendidikan. Lebih dari itu, aksi corat coret seragam sekolah dan konvoi di jalanan juga bisa mengganggu kenyamanan masyarakat.

“Sebagai masyarakat yang terdidik, maka momentum kelulusan harus dimanfaatkan secara positif dan bersemangat manfaat. Mempersiapkan diri untuk masuk ke jenjang selanjutnya,” himbaunya.

Lanjut David, mengungakpakan hasil rapat pihaknya bersama kepala sekolah SMP se-Kabupaten Kaur kemarin, menyepakati jadwal penyampaian kelulusan dari sekolah ke orang tua siswa dilakukan secara serentak pada pukul 14.00 WIB Rabu (10/6) hari ini di masing-masing sekolah. Namun cara pengumuman di tingkat sekolah berbeda-beda, tidak dilakukan di sekolah supaya tidak terjadi penumpukan siswa di satu lokasi.

“Kita sudah mengelar rapat kelulusan hari ini (kemarin), dan pengumuman UN ini sepakat pukul 14.00 WIB. Sebelum dimumkan kepada siswa, masing-masing sekolah harus memberi tahu dulu kita. Meski tak lagi menentukan kelulusan, tetapi UN tetap jadi syarat peserta didik untuk lulus,” terangnya.

Ditambahkan David, pada pelaksanaan UN tingkat SMP sederajad di Kabupaten Kaur. Pihaknya mencatat sebanyak 2.046 siswa yang mengikuti UN dari 46 sekolah penyelenggara yang tersebar di 15 kecamatan Kabupaten Kaur. Namun ditanya soal persentase hasil kelulusan ia belum bisa menjawab. Sebab sekolah yang menentukan lulus tidaknya siswa-siswinya. Pihaknya baru bisa menerima hasil kelulusan, setelah sekolah- sekolah memberikan data kelulusan dari masing-masing sekolah. Namun ia berharap, kelulusan di Kaur tingkat SMP sederajat ini dapat lulus 100 persen.

“Kita tidak bisa menjawab presentase kelulusan SMP ini, karena pengumuman UN ini langsung dari sekolah. Juga untuk 10 siswa berprestasi juga masih nunggu besok (hari ini). Tapi mudah-mudahan kelulusan ini 100 persen,” harapnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait