Poktan Dibantu 10 Pompa

Jumat 29-05-2015,17:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN,BE- Ini kabar gembira bagi kelompok tani (Poktan ) di Kabupaten Kaur, yang sudah mengajukan proposal bantuan berupa mesin pompa air pada Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Kaur. Pasalnya, Distan Kaur kembali dapat bantuan pompa air sebanyak 10 unit, dari kementerian PDT tahun 2015. Pompa air tersebut akan segera disalurkan ke Poktan yang memang membutuhkan.

“Bantuan ini untuk mengatasi kesulitan irigasi karena dampak musim kemarau. Juga bantuan dari Kementan ini untuk yang kedua kali. Sebelumnya pada sekitar bulan Februari lalu itu ada 5 pompa air  bantuan dari Kementan,” kata Kepala Distan Kabupaten Kaur Ir Deprial MAP melalui Kabid Prasaran Sarana Pertanian Distan Kabupaten Kaur, Endy Yurizal, ST kemarin.

Endy mengatakan, sepuluh unit mesin pompa air bantuan dari Kementan RI diterima oleh Distan Kaur itu. Saat ini mesin pompa air ini masih berada di Kantor Distan dan belum disalurkan. Karena kelompok tani penerima bantuan masih dalam tahap verifikasi.

Namun sepuluh  unit mesin pompa air ini akan diprioritaskan untuk disalurkan kepada kelompok petani sawah yang masih menggunakan sistem sawah tadah hujan. Bila memasuki musim kemarau, menyebabkan lahan persawahan kekurangan air. Maka mesin pompa air ini dapat membantu petani. “Mesin ini belum kita salurkan, karena kelompok tani penerima bantuan masih dalam tahap verifikasi. Jangan sampai bantuan ini salah sasaran nantinya,” terangnya.

Ditambahkanya, bantuan sebanyak sepuluh unit mesin pompa air ini bertujuan untuk meningkatkan produksi pertanian di daerah wilayah Kabupaten Kaur. Menurutnya, sasaran bantuan mesin pompa air ini untuk kelompok tani yang punya lahan pertanian yang berada jauh dari sumber air . “Bantuan ini untuk membantu percepatan tanam, maka pemerintah pusat telah berupaya memfasilitasi bantuan pompa air ini. Jumlah itu memang masih kurang, namun tetap diharapkan bisa memacu semangat para petani,” harapnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait