Tahun Depan, Bandara Mukomuko Beroperasi

Jumat 01-05-2015,12:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

MUKOMUKO, BE – Tahun ini dipastikan Bandara Mukomuko tidak beroperasi. Pasalnya, tidak ada penerbangan yang melayani masyarakat yang akan menggunakan jasa angkutan transportasi udara. Ini dikarenakan pemerintah daerah tidak dibenarkan lagi secara aturan memberikan subsidi penerbangan perintis di bandara komersil di daerah tersebut. “ Untuk tahun ini tidak ada pelayanan transportasi udara,” ungkap Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten, Drs H Ruslan MPd dikonfirmasi Bengkulu Ekspress kemarin (29/4).

Pelayanan transportasi udara itu akan berjalan awal tahun 2016 mendatang. Ini setelah jajarannya  telah mendapatkan persetujuan pemerintah pusat, Bandara Mukomuko kembali menjadi bandara perintis dan akan ada subsidi penerbangan perintis dari pemerintah pusat. “ Tahun depan, ada subsidi penerbangan perintis dari pemerintah pusat,” katanya.

Maskapai penerbangan yang diusulkan itu akan mengangkut lebih banyak penumpang yang mencapai 70 sheet. Untuk maskapainya pemerintah pusat yang menentukan. Ditambah lagi aset yang ada yang dibangun menggunakan APBD Kabupaten, telah diserahkan ke pemerintah pusat. Rute penerbangan yang diusulkan adalah  Mukomuko – Bengkulu dan Mukomuko – Padang (PP). Untuk jadwal penerbangan  nantinya akan ada petunjuk lebih lanjut dan menjadi kewenangan pemerintah pusat dan bandara. “ Aset bandara khususnya  yang telah dibangun melalui APBD Kabupaten telah diserahkan ke pemerintah pusat. Aktifitas dan operasional dan lainnya  kewenangan dari pemerintah pusat ada bandara. Yang jelas harapan kita awal tahun depan penerbangan perintis sudah berjalan,” demikian Ruslan. (900)

Tags :
Kategori :

Terkait