Ini Perbandingan Kendaraan Bermotor Dengan Jumlah SIM Yang Dikeluarkan

Rabu 22-04-2015,15:51 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, bengkuluekspress.com - Pengamat transportasi dari Universitas Bengkulu (UNIB), Bernadin SE MT mengatakan, ada ketimpangan jumlah kendaraan bermotor roda dua terhadap jumlah Surat Izin Mengemudi (SIM). Dikatakannya, jumlah sepeda motor yang beredar di Provinsi Bengkulu sekarang berkisar 341 Ribu unit namun jumlah SIM yang dikeluarkan saat ini hanya berkisar 240 Ribu.

\"Artinya ada banyak kendaraan bermotor daripada jumlah SIM. Seharusnya ini seimbang kalo di hitung satu kendaraan satu SIM,\" kata Bernadin yang juga sebagai Dosen di UNIB.

Jadi bisa disimpulkan banyak pengendara yang tidak mempunyai SIM. Para Pengendara tanpa SIM yang didominasi oleh pengendara usia muda, menurutnya, telah melanggar lalu lintas dan boleh ditindak oleh pihak berwenang.

\"Perlu pengawasan dari orang tua kepada anak-anaknya pasalnya mayoritas korban kecelakaan adalah anak usia muda. Ini dipacu dengan ketidak matangan dan kemahiran mereka dalam mengendarai kendaraan bermotor,\" demikian Bernadin. (adw)

Baca Juga:

Ini Jumlah Biaya Santunan Yang Diberikan Jasa Raharja Pada Korban Kecelakaan

30 Persen Pasien RSMY Merupakan Korban Kecelakaan

   
Tags :
Kategori :

Terkait