Media Berperan Sukseskan Pembangunan

Senin 09-02-2015,15:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BENGKULU, BE - Pada peringatan Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2015 yang diselenggarakan di Batam, Pemerintah Provinsi Bengkulu kembali menekankan bahwa peran media dalam pembangunan tidak bisa dipisahkan. Bahkan pers atau media ikut menentukan sukses atau tidaknya pembangunan yang dijalankan pemerintah daerah.

\"Media sangat berperan dalam pembangunan, sebab medialah yang menyebarluaskan informasi mulai dari pusat ibukota sampai ke pelosok desa. Karena itu, memang tepat media dijadikan pilar keempat demokrasi,\" ungkap Juru Bicara Pemerintah Provinsi Bengkulu, Drs Misran Musa yang tengah menghadiri HPN di Batam saat dihubungi BE, kemarin.

Karena peran yang penting itu, lanjutnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu tetap berkomitmen penuh untuk menjalinkan hubungan baik dan kerja sama  dengan media yang ada di daerah ini. Hal itu sesuai dengan tema peringaran HPN kali ini \"Pers Sehat, Bangsa Hebat\".

\"Itu artinya jika pers tidak sehat, maka secara otomatis bangsa ini tidak bisa berkembang dengan baik. Karena kritikan pedas dari media pun bagian dari pembangunan,\" ujarnya.

Menurutnya, dalam proses pembangunan media tidak hanya dituntut untuk menyampaikan informasi tentang pembangunan tersebut kepada masyarakat, melainkan media menunjukkan perannya dalam membentuk opini dan ikut mencerdaskan kehidupan masyarakat. Mengingat media sendiri bisa mempengaruhi pola pikir pembaca sesuai dengan keinginannya.

\"Karena itu dibutuhkan media yang sehat, jika tidak sehat maka pembangunan tidak bisa berjalan lancar, baik pembangunan fisik maupun pembangunan karakter manusia,\" bebernya.

Selain itu, Pemerintah Provinsi Bengkulu mengharapkan media yang ada di daerah ini untuk selalu sehat, yakni melihat permasmalahan yang ada tidak hanya dari satu sudut pandang saja, melainkan dari berbagai sudut pandang yang berbeda.

\"Pers yang sehat itu tentu isinya tidak penuh keburukan saja, melainkan disajikan secara berimbang. Yang baik disampaikan baik, yang buruk juga ikut disampaikan sesuai dengan fakta yang ada, bukan mengada-ada apalagi membuat opini yang menyesatkan,\" paparnya.

Namun demikian, ia yakin dan percaya bahwa media di Bengkulu, baik lokal maupun nasional semuanya sehat sehingga kedepan pembangunan di Provinsi Bengkulu dapat berjalan dengan lancar.(400)

Tags :
Kategori :

Terkait