Warga Sukarela Bersihkan Sampah

Jumat 06-02-2015,14:20 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE- Dampak tidak sadarnya masyarakat pentingnya menjaga kebersihan mulai dirasakan warga Kelurahan Pasar Baru. Lantaran banyaknya sampah masuk ke dalam drainase sehingga membuat air drainase meluap ke badan jalan. Untuk mengantisipasi semakin parahnya sumbatan sampah terjadi, secara sukarela warga kelurahan Pasar Baru Kecamatan Curup, membersihkan sampah menyumbat drainase.

Berdasarkan pantauan Bengkulu Ekspress, setelah dilakukan pengangkatan, tampak tumbukan sampah yang didominasi oleh sampah pelastik berhasil diangkatkan sehingga aliran drainase semakin normal. Menurut seorang warga Kelurahan Pasar Baru, Najim (45) menjelaskan warga setempat sangat mengeluh dengan kondisi drainase yang banyak didapati sampah. Sampah-sampah yang susah mengurai tersebut menyebabkan banjir di sekitar lokasi terlebih musim hujan\"Kalau musim hujan mas, kadang sampah sampai keluar dari drainase, kalau sampah sudah menumpuk air yang mengalir meluap hingga kejalan,\" jelas Najim.

Dengan adanya kondisi tersebut ia berharap agar pihak terkait untuk terus mengecek kondisi drainase. Bila ditemukan sumbatan diharapkan segera dilakukan penanganan sebelum berdampak seperti banjir. Selain itu ia juga mengharapkandibuatnya larangan membuang sampah didalam drainase. \"Kadang kalau musim hujan justru dimanfaatkan oknum masyarakat membuang sampah ke dalam saluran drainase karena dianggap praktis padahal sangat merugikan masyarakat lainya,\" ungkap Najim.(251)

Tags :
Kategori :

Terkait