Angkot Wajib Pakai AC

Jumat 23-01-2015,10:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

JAKARTA, BE - Kementerian Perhubungan dalam waktu dekat akan mengeluarkan keputusan terkait pemasangan pendingin ruangan (air conditioner/AC) pada semua unit angkutan kota (angkot).

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan yakin jika semua angkot dipasangkan AC, semua pengusaha angkot tidak ada yang keberatan. Jonan memperhitungkan harga angkot sebesar Rp 100 juta, jika dipasang AC hanya menambah Rp 2 sampai Rp 3 juta saja.

\"Artinya hanya 2 sampai 3 persen saja, tidak akan membebani pengusaha angkot dan tarifnya tidak akan naik tinggi,\" ujar Jonan di gedung DPR, Kamis (22/1).

Jonan memaparkan tujuannya semua angkot dipasangkan AC, agar masyarakat yang menggunakan mobil pribadi bisa beralih ke angkot. \"Tujuannya kan itu, supaya kamu-kamu yang pakai mobil, sepeda motor, ke mana-mana beralih pakai angkot,\" ungkap Jonan.

Jonan membayangkan jika angkot memiliki fasilitas yang baik dan nyaman, masyarakat banyak memilih kendaraan umum. Mobil ada AC-nya kan nyaman, pintunya ditutup, jadi makin aman,\" kata Jonan.

Jonan memberi waktu kepada semua operator, tiga tahun lagi untuk memasang AC di setiap unit angkot. \"Intinya tiga tahun ke depan semua angkot harus ber-AC,\" papar Jonan.(**)

Tags :
Kategori :

Terkait