Benefit Yang Luar Biasa Dengan Menjadi Peserta BPJS Ketenagakerjaan

Selasa 06-01-2015,22:59 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

\" Ayo segera proses dan daftarkan diri Anda sebagai anggota peserta BPJS Ketenagakerjaan, untuk  menikmati Layanan, Manfaat dan Kemudahan bagi anggota peserta, guna terciptanya keamanan dan kenyamanan dalam berkerja \".

BENGKULU, BE -  Seiring bertransformasinya PT Jamsostek (Persero) menjadi BPJS Ketenagakerjaan, kualitas pelayanan terus ditingkatkan dengan berinovasi mengikuti perkembangan teknologi yang ada saat ini. Kemudahan akses dan kenyamanan menjadi prioritas utama BPJS Ketenagakerjaan sebagai upaya untuk menciptakan kenyamanan peserta. BPJS Ketenagakerjaan juga memberikan suasana kantor yang kondusif dilengkapi dengan personil yang dilatih melalui pelayanan prima agar dapat memberikan pelayanan yang peduli, ringkas, interaktif, modern, dan aktif (PRIMA).

Saat ditemui BE (06/01), Kepala BPJS Ketenagakerjaan cabang Kota Bengkulu, Masri, S.Sos, mengatakan, \"Para peserta harus lebih memahami pentingnya program BPJS Ketenagakerjaan melalui kemudahan akses informasi yang lengkap serta transparansi dalam penghitungan saldo Jaminan Hari Tua (JHT) ini. Kami juga menghimbau kepada seluruh Perusahaan, khususnya di Provinsi Bengkulu untuk secepatnya memperoses dan mendaftarkan semua karyawannya sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan.Pendaftaran dapat dilakukan langsung di kantor BPJS Ketenagakerjaan, maupun melalui metode e-registration yang dapat diakses melalui www.bpjsketenagakerjaan.go.id.

Saat ini BPJS Ketenagakerjaan memiliki 1 kantor pusat yang berkedudukan di Jakarta, dengan sebelas (11) kantor wilayah , 121 kantor cabang dan 53 kantor cabang pembantu.

Beberapa program BPJS Ketenagakerjaan antara lain program Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKT), Jaminan Hari Tua (JHT) serta Jaminan Pensiun (JP). Peserta juga diberikan kemudahan cara Pembayaran iuran melalui alat berteknologi tinggi yang telah disediakan, diantaranya dengan website  Electronik Payment System (EPS). Pendaftaran menjadi peserta (untuk perusahaan) dengan metode e-registration yang dapat diakses melalui www.bpjsketenagakerjaan.go.id .

Tidak berhenti di situ, BPJS Ketenagakerjaan juga memiliki kartu smartcard yang beberapa fungsinya antara lain layanan seperti alat pembayaran elektronik dan program diskon untuk produk-produk tertentu. Pengecekan saldo dapat dilakukan di website BPJS Ketenagakerjaan dan Aplikasi BPJSTK Mobile dengan melakukan instalasi di dalam smartphone berbasis Android, iOS dan Blackberry yang diharapkan dapat mempermudah peserta dalam melakukan transaksi yang efisien, mudah dan cepat.

Akumulasi Pembayaran Jaminan Tahun 2014  BPJS Ketenagakerjaan Bengkulu, sebagai berikut :

Benefit lain yang dapat dinikmati peserta keanggotaan BPJS Ketenagakerjaan adalah berupa Manfaat  Layanan Tambahan (MLT) yaitu manfaat yang diberikan kepada perusahaan, pekerja, dan anggota keluarga peserta program BPJS Ketenagakerjaan yang masih aktif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan pekerja beserta keluarganya.

Manfaat  Layanan Tambahan (MLT) antara lain:

  • Program beasiswa bagi anak pekerja melalui Beasiswa Ketenagakerjaan Peduli Pendidikan. Sebagai upaya bagi BPJS Ketenagakerjaan untuk berkontribusi meningkatkan kecerdasan bagi anak yang berprestasi serta ikut membantu meringankan pekerja dalam membiayai pendidikan anak – anaknya.
  • Pinjaman Uang Muka Perumahan Kerjasama Bank  (PUMP - KB)  bertujuan untuk membantu menyediakan sebagian atau seluruh dana kepada peserta BPJS Ketenagakerjaan dalam rangka mendapatkan fasilitas kredit pemilikan rumah dari bank.
  • Pemberian pelatihan K3 bagi peserta yang ditujukan untuk pencegahan dan menurunkan angka kecelakaan kerja. Pelatihan safety riding bagi peserta yang bertujuan untuk mencegah atau menurunkan angka kejadian kecelaan kerja lalu lintas.
  • Pemberian Bantuan Biaya Perawatan dan Pengobatan tambahan  bagi peserta akibat kecelakaan kerja apabila melebihi ketentuan yang berlaku.
  • Pemberian peralatan K3 kepada perusahaan yang bergerak di bidang jasa konstruksi  bertujuan mencegah terjadinya kecelakaan kerja.
  • Pemberian tablet penambah darah (Tablet Zat Besi/ Folat) yang ditujukan untuk meningkatkan status kesehatan dan gizi pekerja perempuan agar mencapai produktifitas kerja yang maksimal  dan mencegah kecelakaan kerja akibat anemia. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung Keselamatan Kerja dan Kesehatan Kerja (K3) serta mencegak penyakit akibat kerja.

Yang perlu diketahui masyarakat bahwa semua program-program yang  BPJS Ketenagakerjaan merupakan hak normatif pekerja dan sangat bermanfaat bagi tenaga kerja dan keluarganya. Untuk itu diharapkan agar semua  pekerja segera mendaftar menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan agar tercipta keamanan dan kenyamanan dalam berkerja sehingga dapat meningkatkan produktifitas bagi tenaga kerja itu sendiri.

BPJS Ketenagakerjaan akan terus berinovasi agar tetap menjadi mitra terpercaya bagi pekerja, pengusaha dan negara dalam melindungi  dan mensejahterakan  pekerja Indonesia. Bagi masyarakat yang ingin mencari informasi dan menyampaikan keluhan terkait dengan program, kepesertaan, dan pelayanan BPJS Ketenagakerjaan dapat mengunjungi fanpage facebook BPJS Ketenagakerjaan : BPJS Ketenagakerjaan,  twitter : @bpjstkinfo, dan Call Centre BPJS ketenagakerjaan  : 500910 serta Website : www.bpjsketenagakerjaan.go.id. ( Rls/Ans )

Tags :
Kategori :

Terkait