Perizinan Belum Sepenuhnya Dilimpahkan ke KPT

Selasa 15-07-2014,11:15 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

AMEN,BE - Hingga saat ini masih banyak SKPD dijajaran Pemkab Lebong belum melimpahkan perizinan yang mereka tangani ke Kantor Pelayanan Terpadu (KPT) Lebong. Hingga kini perizinan belum sepenuhnya diserahkan ke KPT.  Padahal Peraturan Bupati (Perbub) No 18 tahun 2009 mengamanatkan KPT memiliki untuk Mengeluarkan Perizinan.

Kepala KPT Zainal Husni Toha SH mengakui hal itu  menjadi kendala bagi KPT untuk melaksanakan Tupoksi (tugas pokok dan fungsi) sesuai dengan dasar pembentukan KPT. Disamping masih itu KPT juga terkendalanya tenaga teknis dalam pemberian pelayanan terhadap masyarakat.

Menurutnya, KPT ini dibentuk agar memberikan efisiensi waktu bagi masyarakat yang hendak mengurus perizinan atau lebih mempersingkat waktu pengurusan perizinan.

\"Ini yang menjadi kendala bagi kami selama ini untuk memaksimalkan pelayanan perizinan bagi masyarakat, karena memang masih ada beberapa perizinan itu belum dilimpahkan kepada kami, masih menjadi kewenangan beberapa SKPD itu sendiri,\" katanya. Dijelaskan pria yang akrab disapa Ujang Toha, berdasarkan Perbub Nomor 18 tahun 2009 ada 21 jenis perizinan umum dan 14 jenis perizinan tertentu yang menjadi kewenangan KPT Lebong.

Beberapa perizinan umum ini diantaranya adalah Izin Mendirikan Bangunan (IMB), HO, SITU, Izin Usaha Industri/Tanda daftar industri, IUJK, izin pendirian koperasi,iIzin praktek dokter/bidan, izin apotek/toko obat,izin klinik, izin restoran, izin tempat hiburan, izin usaha angkutan, izin pengelolaan sarang Burung Walet, izin operasional non BD dalam kabupaten, izin KLH, izin Pembangunan tower Seluler,iIzin mendirikan lembaga pendidikan non formal, izin pendirian RPH, SIUP, dan surat keterangan angkut kayu olahan SKA-KO maksimal 5 kubik.

Selanjutnya, perizinan tertentu yang ditangani KPT antara lain izin prinsip, izin lokasi, izin usaha perkebunan (IUP), izin usaha pertambangan, IPKR  diatas 5 meter kubik, perizinan pendirian hotel, perizinan pendirian rumah sakit, perizinan pemasangan reklame konstruksibBesar, perizinan penggilingan Padi, perizinan endirian SPBU, SIPA, perizinan kuasa pertambangan Batubara, perizinan kuasa pertambangan Emas dan penerbitan izin usaha industri skala menengah dan besar.

\"Paling yang sering kita layani adalah IMB, HO, SIUP dan SITU. Perbaikan tentunya terus kita tingkatkan, dan kita berharap sektor perizinan ini mampu untuk menambah pendapatan bagi daerah sekaligus memberikan pelayanan perizinan yang maksimal bagi masyarakat,\" pungkasnya.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait