Dua Hari Terjerat, Beruang Selamat

Jumat 11-07-2014,19:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN,BE-Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Bengkulu, hingga kemarin (10/7) belum juga menyelamatkan seekor beruang madu, yang terjerat jebakan babi hutan.

Dipasang oleh Jojon (30) di kebun sawit dekat areal perkantoran Padang Kempas Kabupaten Kaur, Rabu (9/7). “Saya sudah hubungi BKSD Bengkulu, tapi sampai saat ini mereka belum juga datang,”kata Kepala Resort BKSDA  Kaur Simanjuntak, kemarin.

Dari hasil  pantau BE, di lokasi kemarin, kondisi beruang saat ini masih sehat dan kuat. “Kalau dia itu berontak kayu itu langsung patah. Mungkin karena sudah lemas dia tidak bisa berontak lagi,”ujarnya.

Lebih lajut Simanjuntak mengatakan, ia sangat menyayangkan tindakan BKSD Bengkulu yang dinilai lamban dalam menangani beruang tersebut. Sebab ia khwatir dengan kondisi beruang tersebut. “Beruang itu kena jerat sudah dua hari dua malam, saya khawatir kalau tidak segera ditangani akan mati atau lepas,”terangnya.

Ditambahkannya, anak beruang madu yang baru berusia sekitar lima bulan itu. Turun ke permukiman warga untuk mencari makan. Setelah memperoleh mankan, biasanya kembali lagi ke tempatnya.

“Itu anak beruang itu baru lepas dari induknya, memang untuk wilayah kaur ini habitat beruang masih banyak. Untuk saya menghimbau pada warga jangan sebarangan masang jerat, karena hewan seperti ini dilindungi,”pungkasnya.(618)
Tags :
Kategori :

Terkait