Warga Butuh Jembatan Gantung

Jumat 11-07-2014,19:50 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

BINTUHAN,BE-Sejumlah warga di Desa Datar Lebar II Kecamatan Lungkang berharap Pemkab Kaur ditahun ini dapat memprioritaskan pembangunan jembatan gantung Air Bunian berlokasi di repam pujam desa itu.

Pasalnya jembatan tersebut sangat dibutuhkan masyarakat setempat untuk mengangkut hasil pertanian serta transportasi warga. “Saat ini kondisinya sudah sangat memprihatinkan dan terancam tidak bias dilintasi  lagi,” Kades Datar Lebar Darmin.

Dikatakanya, jembatan tersebut menurut kades panjangnya 10 meter diperkirakan menelan dana tidak lebih dari 500 jutaan, bila dibangun maka bukan hanya warganya yang akan terbantu, namun beberapa penduduk yang melintasi jembatan itu juga tentu akan ikut meraskaan kegembiraan.  “Kami sangat berharap ditahun 2014 ini  keingin warga terhadap pembangunan jembatan ini benar benar dapat terwujud,”harapnya.

Lebih lajut,  para petani bukan tidak mau untuk bergotong royong  memperbaiki jembatan tersebut. Hanya saja menurutnya, karena kondisi rusaknya jembatan tersebut rusak total, jelas membutuhkan tenaga dan material yang khusus.

Apalagi menurutnya kayu dan kawat seling bekas jembatan tersebut sudah banyak yang  hanyut terbawa arus air Sungai. “Melihat kondisinya jelas perbaikannya harus total, karena rusaknya bukan rusak ringan tapi nyaris hanyut sama sekali,”ujarnya.

Ditambahkanya, dengan tidak tersedianya jembatan tersebut, mereka sangat kesulitan untuk menyeberang. Selain itu jaraknya juga bertambah, karena para petani harus mencari lokasi yang dangkal untuk menyeberang.

Bahkan ada pula warga yang nekad menyeberang. “Karena mayoritas warga di desa ini rata-rata petani,  dan setiap pergi kekebun kadang mereka sangat terkendala dengan jembatan itu,”ujarnya.(618)

Tags :
Kategori :

Terkait