Belajar Embarkasi Antara ke Mataram

Rabu 12-12-2012,07:40 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

RATU SAMBAN, BE - Kanwil Kemenag  Bengkulu, H Suardi Abbas SH MH sangat serius dalam  merealisasi keinginan Pemda Provinsi untuk menjadikan Provinsi Bengkulu sebagai salah satu embarkasi antara.  Untuk  bisa meraih impian itu, belum lama ini Kanwil Kemenag Bengkulu belajar ke   Mataram, Nusa Tenggara Barat sebagai  embarkasi  antara Pertama  di Indonesia, namun saat ini telah berubah status embarkasi Mataram.

Kunjungan kerja itu dilakukan Kabid Haji, Zakat dan Wakaf, Drs H Zahdi Taher SH MHi selama 2 hari.  Di beberkan Zahdi,  kondisi Mataram saat membuka embarkasi antara sama dengan Bengkulu,  yakni sama-sama  menuju embarkasi di  provinsi terdekat.  Saat itu jemaah haji asal NTB harus menuju ke embarkasi Surabaya, Jawa Timur menuju Bandar Udara Juanda.   Atas kesamaan  inilah Bengkulu melakukan Kunker ke NTB.

\'\'Kunjungan kita ke sana untuk mengetahui aspek teknis pelayanan administrasi pelayanan umum, transportasi, kesehatan pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji dalam pelaksanaan embarkasi  antara di NTB yang  bergabung dengan embarkasi Surabaya, Jawa Timur.

Selama menjadi embarkasi  antara, ternyata proses penyiapan jemaah  dari kabupaten/kota  mulai proses administrasi embarkasi dilaksanakan di Mataram. Sedangkan mereka ini menginduk ke Surabaya.   Semua  proses   kegiatan administrasi di Surabaya dipindahkan  ke   Mataram, mulai dari  penyambutan kedatangan jemaah dalam  ruangan tertentu, selama diembarkasi jemaah disediakan makanan kecil,  pembagian manifes dan nomor  kamar  serta  cek kesehatan sehingga harus ada poliklinik kesehatan dengan kapasitas 30 orang lengkap dengan fasilitas, semua   disediakan di embarkasi antara,\'\' katanya.

Untuk menjadi embarkasi antara, Asrama haji Bengkkulu masih sangat membutuhkan pembangunan sarana dan prasarana seperti pembangunan aula kedatangan dan penyambutan jemaah calon haji dengan kapasitas 400-500 kuota.  Sedangkan aula yang ada saat ini hanya bisa menampung 200 orang, dilengkapi toilet.

\"Beberapa hasil rekomendasi itu akan kita sampaikan ke Pemda Provinsi Bengkulu dengan begitu tujuan pelaksanaan embarkasi antara Provinsi Bengkulu dapat terwujud, \" terangnya. (247)

Tags :
Kategori :

Terkait