Dukcapil Serahkan Data Agregat

Jumat 07-12-2012,11:49 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Untuk persiapan Pemilu Legislatif tahun 2014 mendatang, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) telah menyerahkan data agregat yang diperlukan pihak KPU.  Data ini berupa data penduduk dari hasil integrasi rekaman e-KTP sebanyak 254.942 dari rencana kerja anggaran (RKA) dari 17 kecamatan yang sudah termasuk pemekaran Yakni Kecamatan Ulok Kupai, Kecamatan Arma Jaya, dan Kecamatan Tanjung Agung Palik.  Data ini akan dijadikan dasar KPU untuk menetapkan daerah pemilihan yang akan ditetapkan Dapilnya.

Drs Kiman Nazardi MM selaku Kadis Dukcapil Kabupaten Bengkulu Utara menerangkan bahwa berdasarkan Surat Edaran Mendagri RI : 470/3264/SJ tanggal 29 Agustus 2012 lalu, tentang petunjuk penyiapan data kependudukan untuk Pemilu 2014 dalam rangka mendukung suksesnya Pemilu anggota DPR, DPD dan DPRD tahun 2014.  Bahwa data itu dalam bentuk data agregat kependudukan per kecamatan (DAK2) dan daftar penduduk potensial pemilih Pemilu (DP4) sesuai pasal 32 UUD RI No. 8 tahun 2012 tentang Pemilu anggota DPR, DPD, dan DPRD.

\"Saya laporkan bahwa proses penyerahan DAK2 diawali dengan pemutakhiran data kependudukan secara masal pada tahun 2010 dan dilanjutkan dengan pelayanan pendaftaran penduduk secara rutin pada Disdukcapil,\" tandasnya. Ia juga menjelaskan data agregat final berakhir di bulan Desember ini karena untuk saat ini masyarakat masih melakukan perekaman secara massal yang akan menambah data agregat tersebut namun data penyerahan kemarin sudah bisa menjadi acuan atapun pedoman KPU untuk penetapan Dapil.

Penyerahan data agregat ini dilaksanakan di ruang pola Bappeda Kamis kemarin (6/12) pukul 10.00 WIB.  Tampak hadir beberapa pimpinan SKPD yang memiliki kepentingan terkait hal tersebut, Ketua KPU BU, Eko Sugianto, SP, Asisten I Ir Siti Qoriah Rosdiana, dan dibuka langsung oleh Sekretaris Kabupaten Bengkulu Utara, Drs Said Idrus Albar MM yang mengharapkan untuk Pemilu 2014 mendatang berjalan lancar. (117)

Tags :
Kategori :

Terkait