Sumardi: Petani dan Nelayan Kota Bengkulu Harus Kreatif

Jumat 07-12-2012,09:02 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

PETANI dan nelayan di Kota Bengkulu saat ini jumlahnya sangat banyak, namun belum begitu kreatif sehingga masih membutuhkan suplay tangkapan laut dan hasil pertanian dari daerah lain untuk memenuhi kebutuhan masyarakat kota Bengkulu.

Untuk itu, Caretaker Walikota Bengkulu, Drs H Sumardi MM meminta agar petani dan nelayan di Kota Bengkulu untuk meningkatkan kreatifitasnya, sehingga mampu memenuhi kebutuhan masyarakat dan mampu meningkatkan sejahteraan petani dan nelayan itu sendiri. Ini disampaikan Sumardi dalam pengukuhan Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (KTNA) kota dan kecamatan se-Kota Bengkulu di Balai Kota, kemarin.

“Pengurus dan anggota KTNA harus mampu meningkatkan kreatifitas dan inovasi demi kesejahteraan sekaligus untuk memenuhi kebutuhan sayur-mayur  dan ketersediaan ikan di Kota Bengkulu,” sampai Sumardi.

Tidak hanya itu, Sumardi juga meminta agar nelayan di kota Bengkulu selalu meningkatkan kualitasnya, sehingga ikan hasil tangkapannya tidak hanya di kosumsi oleh masyarakat kota Bengkulu, melainkan juga di ekspor ke daerah lain, bahkan hingga ke manca negara. \"Kita juga berharap kualitas selalau ditingkatkan,\" pintanya.

Selain itu, ia juga menjadikan  momen pengukuhan tersebut sebagai momen yang tepat untuk mengajak semua petani dan nelayan agar ikut berpatisipasi dalam hal menjada kebersihan dan keindahan Kota Bengkulu.

\"Ini momen yang tepat bagi saya untuk menyampaikan agar para petani dan nelayan berpartisipasi aktif dan serius dalam hal menangani sampah rumah tangga. Sejauh ini sampah rumah tangga masih mengotori dan berhamburan di kota ini, di jalan dan diberbagai tempat.  Saya berkomitmen untuk menjaga kota ini agar tetap bersih,\" ujarnya.

Sementara itu, ketua panitia pengukuhan KTNA tersebut, Inaludin SP dalam sambutannya mengatakan terbentuknya KTNA kota dan kecamatan merupakan langkah maju untuk mendorong pengembangan usaha tani dan nelayan di kota Bengkulu. Untuk itu, ia pun meminta perhatian penuh dari pemerintah agar apa yang diharapkan, dapat diwujudkan oleh petani dan nelayan.

\"Dengan adanya pengukuhan KTNA ini menjadikan petani dan nelayan lebih bersemangat sehingga apa yang diharapkan dari petani dan nelayan dapat diwujudkan. Dalam menjalankan pekerjaan ini  tentu kami sangat membutuhkan perhatian dan lirikan dari pemerintah kota,\" sampainya.

Hadir dalam acara tersebut, Asisten II Pemkot Drs H Fachrudin Siregar,  staf ahli walikota Hj Nurbaiti, beberapa Kepala SKPD, Camat dan 160 peserta dan pengurus KTNA.(400)

Tags :
Kategori :

Terkait