Praktek Teori Materi

Jumat 17-01-2014,19:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

NEGSIH Nirwana SPd, guru bidang studi IPA SDN 6 Karang Tinggi, Bengkulu Tengah (Benteng) memiliki trik khusus mengajar di dalam kelas. Ia selalu mengutamakan pelaksanaan praktek dari teori yang diajarkan kepada anak-anak, mengingat praktek dari teori lebih penting dan lebih mudah dipahami daripada memahami teori dengan cara menghapal satu per satu bab di buku. \"Praktek itu lebih penting untuk mempercepat daya tangkap siswa,\" ungkapnya. Menurutnya, dengan dilaksanakannya praktek, siswa akan terbiasa dan bisa melakukan apa yang dibahas dalam sebuah materi. Siswa lebih termotivasi menggunakan semua alat-alat peraga yang dipenuhi oleh pemerintah daerah setiap tahun. “Jadi setelah saya menjelaskan materi per bab dalam buku, langsung saya terapkan dalam sebuah praktik untuk dipahami setiap siswa,” katanya. Dijelaskannya, setelah dilakukan evaluasi ternyata lebih enak praktek dan besar pengaruhnya untuk kemampuan memahami materi dari siswa. Sebab dengan melaksanakan praktek pelajaran bisa membuat anak selalu ingat. “Lebih cepat mengingatkan apa yang kita lakukan, ketimbang menghapal. Ini sudah saya praktikkan di sekolah dan siswa menyenanginya,” jelasnya. Nengsih berharap, agar siswa yang mengikuti praktik belajar kepada guru tidak menutup buku di rumah. Ketergantungan dan dukungan dari keluarga sangat diharapkan untuk memupuk dan membiasakan siswa lebih kreatif. “Kami sebagai guru menyarankan, peranserta orang tua dan pihak keluarga tetap harus ada, sehingga anak-anak disik termotivasi tinggi,” ujarnya. Ia menambahkan, dalam mempelajari sebuah materi, tiap anak diberikan sebuah Buku Sekolah Elektronik (BSE), melengkapi kegiatan pembelajaran di sekolah. Sementara gurunya sendiri banyak menggunakan buku terbitan lain yang lebih lengkap. “Dalam pembahasan materi, siswa dilengkapi dengan sebuah buku dan semau itu dilakukan untuk meningkatkan keaktifan para siswa,” tutupnya. (111)

Tags :
Kategori :

Terkait