Ichwan Yunus Kembali ke Kampung Halaman (13)

Senin 28-10-2013,10:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Inilah yang menjadikan alasan Ichwan menghendaki pasangan orang yang bisa bekerja sama dan pekerja keras. Ichwan sama sekali tidak mengharapkan bantuan yang bersifat finansial dari calon pasangannya, karena bagi Ichwan dana persiapan untuk kepentingan pilkada sudah cukup, bahkan ia sudah menyiapkan dana untuk mensupport pasangannya jika diperlukan untuk kepentingan sosialisasi sebelum dan saat kampanye berlangsung.

Berdasarkan kreteria tersebut diatas, menunjukan bahwa Ichwan betul-betul menepatkan jabatan wakil bupati pada posisi penting. Untuk itu dalam melakukan lobi-lobi politik ketika mencari politiknya selalu saja Ichwan menghindari adanya prakondisi, terutama terkait dengan calon pasangannya. Misalkan partai A bersedia mengusung Ichwan sebagai calon bupati dengan syarat calon wakil bupati ditentukan oleh partai yang bersangkutan.

Ichwan sama sekali tidak menginginkan hal ini terjadi.   Ia bersikeras untuk menentukan dan menetapkan sendiri calon pasangannya. Di sisi lain mengingat pengetahuan Ichwan terhadap sepak terjang para tokoh masyarakat Mukomuko masih sangat minim, membuatnya sulit untuk mencari figur siapa yang dapat memenuhi atau menimal mendekati kriteria yang ia inginkan untuk mendampinginya sebagai calon wakil bupati. Untuk itulah Ichwan memerlukan orang yang betul-betul dapat dipercaya untuk mencari calon wakil bupati yang sesuai denagn kriteria tersebut diatas.

Andi adalah, panggilan akrab Endang Supandi sebagai sebagai sosok yang diberi kaparcayaan oleh Ichwan untuk mencari pasangannya, tapi keputusan dan penetapan tetap ditangannya. Tidak lama berselang akhirnya Andi membawa nama Drs Suparji kepada Ichwan. Tidak sulit bagi Andi untuk menjelaskan siapa Suparji sebenarnya kepada Ichwan, karena sosok Suparji memang sudah dikenal Andi dengan baik. Suparji kesehariannya berpropesi sebagai guru itu memang sudah lama menetap di Mukomuko. Karena lamanya menetap dimukomuko sosok yang akrab dipanggil Parji ini sudah cukup dikenal masyarakat Mukomuko, khususnya komunitas Jawa. Ia pun dikenal dengan pejuang dan pekerja keras. Ia mempunyai riwayat hidup dan latar belakang keluarga yang baik. Pendek kkata sebagian besar kreteria yang diinginkan pada Suparji. Setelah ditetapkan Suparji sebagai pasangan Ichwan, bukan sama sekali tidak ada kendala. Banyak pihak yang mempertanyakan dan menyayangkan mengapa Ichwan memilih Suparji, bukan yang lain? Adapula yang dengan tegas, tanpa tedeng aling-aling menyatakan kekacewaan dan keberatannya.

Sudah menjadi tabiat ichwan, untuk tidak setengah-setangah jika memberikan kepercayaan kepada seseorang. Ia begitu percaya dengan penjelasan Andi mengenai sosok Suparji, dan meminta kepada Andi untuk meyakinkan. Karena tidak ada nama (alternatif) lain yang diajukan Andi, maka setelah pertemuan dengan Suparji, Ichwan langsung berketetapan hati untuk memutuskan Suparji sebagai pasangannya dalam Pilkada Mukomuko.(bersambung)

Tags :
Kategori :

Terkait