Mozaik Iwan Kurniawan Lewat ‘Rontaan Masehi’

Jumat 27-09-2013,17:12 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

PERSOALAN sosial dan kondisi bangsa tak lepas dari pengamatan penyair Iwan Kurniawan. Ia mampu menuangkan imajinasinya untuk diabadikan menjadi karya-karya bermakna yang mampu merasuki jiwa pembaca.

Lelaki kelahiran Pulau Timor, Nusa Tenggara Timur, itu baru saja mengeluarkan buku kumpulan puisi keduanya \"Rontaan Masehi\". Puisi-puisinya banyak bercerita tentang kerinduan pada ‘Ibu’, pemberontakan atas kehidupan yang tak hidup, dan kecemasan tentang kondisi sosial di negeri ini.

Tanah rantau yang menawarkan aneka warna dan keglamoran pun tak lantas membuat dia lupa kampung halaman. Terutama, pada tanah leluhur yang penuh dengan harum cendana, cengkeh, hingga bau bebatuan. Kondisi ini justru semakin mematangkannya dalam menerjemahkan kata kebangsaan dalam bait-bait sajaknya.

Dengan kata lain, sajak-sajak Iwan adalah kata religiusitas, kata kerinduan, kata perjalanan, dan kata kecemasan akan kebangsaan yang masih belum sejalan dengan harapan. Penyair yang dulu pernah berambut gondrong ini juga tak jarang bersitegang dengan keadaan. Dia mampu untuk berkompromi dengan batin, meski gelisah tak kunjung sudah.

Iwan yang juga bekerja sebagai jurnalis seni budaya Harian Umum Media Indonesia pun menebus segala ide dan tafsir misteri. Ia menuliskan segala sesuatunya dalam bebait kata yang disebut puisi.

Penyair ini menamatkan pendidikan sarjananya di Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Padjadjaran (Unpad), Bandung, Jawa Barat. Buku kumpulan puisi perdananya diterbitkan semasa kuliah, yaitu “Tapisan Jemari” (2005).

Kini, untuk menjaga daya literer dan kepekaan batinnya, dia tetap berkarya. Bisa jadi, dengan bersajak segala rasa kerinduan hingga kecemasan terhadap kondisi sosial bisa sedikit terlunaskan lewat puisi.

Sastrawan kawakan Gerson Poyk menilai puisi-puisi Iwan adalah tentang berbagai hal dalam mozaik kehidupan. Ada absurditas, ada kritik sosial, ada kerinduan. Semuanya diramu dengan pergolakan dan pergulatan batin yang tak kenal kata akhir.

“Absurditas kehidupan menjadi cermin betapa kehampaan dan kefanaan selalu menyertai di mana pun kita berada,” ujar peraih hadiah sastra ASEAN, Sea Write Award (1989), itu. Gerson juga menyoroti beberapa sajak dalam buku kumpulan puisi “Rontaan Masehi”. Semisal sajak berjudul :‘Hampir Maut’

‘Hampir Maut’

kau menatap jauh

suara gitar menembus balik beranda

sahabat dan perjuangan menghilang selepas kereta kencana

pertemuan lautan embun dan suara semampai dedaunan

kau menatap jauh

menanti seorang lahir baru di kening mazmur.

“Diksi yang Iwan hadirkan sangat bagus. Ia mampu menghadirkan pemikiran yang orisinalitas dan autentik. Ini yang jarang dimiliki penyair muda sekarang ini,” ujar Gerson yang juga memberikan testimoni dalam buku setebal 98 itu. Tak hanya itu, ada pula sajak berjudul: ‘Pulang’

‘Pulang’

aku pulang, Ibu

deru kota berputar dengan taring-taring tinggi

ada tongkat menikam dalam tanah

memandang angkuh pada langit

aku pulang, Ibu

seonggok perasaan begitu lelah

bendera-bendera kusam

terseret angin jahat

aku pulang, Ibu

ingin kucium aroma cendana di lehermu.

“Dengan segala upaya dalam proses kreatifnya, di antara dua dunia yang digelutinya yaitu jurnalistik dan sastra, Iwan mampu menghadirkan oase, Buku kumpulan ini memang laik dibaca,” jelas Kepala Pelaksana Pusat Dokumentasi Sastra H.B Jassin Ariany Isnamurti.

Buku kumpulan puisi “Rontaan Masehi” telah dihelat pada, Jumat 20 September 2013 lalu di Pusat Dokumentasi Sastra (PDS), H.B. Jassin, Taman Ismail Marzuki (TIM), Jakarta Pusat. Buku itu terdiri dari dua bagian. Bagian pertama berisi 29 judul puisi. Sedangkan pada bagian kedua terhimpun 34 judul puisi. (*)

Tags :
Kategori :

Terkait