Rp 5 M untuk Wisata Suban

Jumat 17-05-2013,14:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Kabar gembira bagi para wisatawan yang kerap menikmati wisata pemandian Suban Air Panas (SAP) di Kabupaten Rejang Lebong.

Pasalnya, obyek wisata yang berada di Kecamatan Curup Timur itu mendapat kucuran dana sebesar Rp 5 miliar dari Dirjen Pekerjaan Umum (DPU) Pusat.

Anggaran yang akan digunakan untuk mempercantik obyek wisata Suban Air Panas tersebut akan disalurkan melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Rejang Lebong (RL) tahun anggaran 2014 mendatang.

\"Untuk tahun 2013 ini kita baru siapkan koordinasi dengan pihak pengelola dan warga sekitar terkait rencana pengembangan SAP tersebut,\" kata Kepala Bapedda RL, Elwan Effendi, Kamis (16/5).

Dijelaskan mantan Kepala BLHKP itu, pengembangan wisata Suban Air Panas dimulai dari pelebaran jalan dari gerbang sampai ke lokasi. Kemudian pembangunan paving blok, lahan parkir, tempat jualan pedagang, tempat umum seperti WC dan pengelolaan kolam SAP itu sendri.

\"Untuk penataan rencana itu minggu depan kita akan sosialisasi dengan masyarakat terkait lahan yang akan kita kembangkan,\" akunya.

Lahan untuk pelebaran jalan tersebut, sambungnya, ada yang milik warga. \"Kita sosialisasikan, lahan milik warga apakah dihibahkan atau dibebaskan, karena ini demi kepentingan masyarakat sendiri yang akan diuntungkan, jika kunjungan ke obyek wisata itu ramai,\" katanya.

Dengan pengembangan lokasi Suban Air Panas, sambungnya, wisata andalan Rejang Lebong bisa berkembangan dan semakin banyak pengunjung.

\"Selama ini kalau rame kan jalan sering macet, kita juga upayakan adanya jalan tembus. Pasalnya di Suban Air Panas banyak perputaran uang yang bisa menambah perekonomian masyarakat,\" harapnya. (999)

Tags :
Kategori :

Terkait