Dewan Peduli SMPN 14

Selasa 14-05-2013,11:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

GADING CEMPAKA, BE - Terbakarnya gedung belajar milik SMPN 14 beberapa hari lalu menyita perhatian DPRD Kota Bengkulu. Para wakil rakyat ini begitu peduli atas musibah yang menimpa dunia pendidikan ini. Wujudnya, kemarin Ketua DPRD Kota Sawaludin Simbolon SSos berserta Anggota Komisi III Sofyan Hardi, Suimi Fales SH MH dan Awaludin melakukan inspeksi mendadak (Sidak) ke SMP 14. Sidak ini juga didampingi langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Nasional (Diknas) Kota, Marjon MPd. Setiba di sekolah yang beralamat di Kawasan Jalan Zainul Arifin ini, rombongan disambut oleh Kepala Sekolah SMPN 14, Drs Azwar.

\"Dari hasil sidak ini ternyata benar bahwa penyebab kebakaran ini adalah konsleting listrik. Ini kepala sekolah sendiri yang menegaskan. Kita harap Diknas Kota segera membangun kembali gedung ini. Gunakan dana bantuan bencana alam dan sumber-sumber dana lainnya. Hubungi pihak pusat untuk membantu,\" kata Ketua DPRD Kota, Sawaludin Simbolon SSos disela-sela Sidak pada BE kemarin.

Senada disampaikan Anggota Komisi III DPRD Kota, Sofyan Hardi. Ia menegaskan Dispendik Kota harus segera mengupayakan pembangunan kembali gedung-gedung terbakar tersebut. Karena penyelenggaraan pendidikan sangat penting dalam penyelenggaraan pemerintahan. \"Kalau tidak bisa menggunakan APBD sekarang, nanti kita usulkan di APBD Perubahan,\" sampainya.

Sofyan juga menyatakan pembangunan itu setidaknya harus tuntas sebelum proses belajar mengajar tahun ajaran baru dimulai sekitar Bulan Juli nanti. \"Kami nanti dari DPRD juga akan berupaya mencari sumber pendanaannya,\" tukasnya.

Sementara itu, Kepala Diknas Kota Marjon MPd berterimakasih atas perhatian Anggota DPRD Kota terhadap musibah yang menimpa SMPN 14 tersebut. \"Kami juga berharap dapat mengatasi hal ini sesegera mungkin. Kalau pembangunan kembali tidak bisa dilakukan dalam waktu dekat, mengingat persoalan anggaran. Kami mengupayakan anak-anak dapat belajar diruangan sementara,\" imbuhnya.

Sementara Kepala Sekolah SMP 14, Drs Azwar, mengungkapkan apresiasinya atas Sidak dewan tersebut. Disampaikannya, ia merasa bersyukur kebakaran yang hebat tersebut dapat segera teratasi sebelum benar-benar menghabisi seluruh bangunan. \"Kami sangat mengapresiasi kunjungan ini. Kami pastikan dapat mengantisipasi hal yang serupa dimasa mendatang,\" paparnya.

Turut hadir dalam sidak ini selain Sawaludin Simbolon SSos dan Sofyan Hardi, yakni Suimi Fales SH MH dan Awaludin. Usai sidak, DPRD Kota berharap dapat menindaklanjutinya dengan memperjuangkan anggaran pembangunan kembali SMP tersebut.

Terpisah Sektretaris Dispendik Kota Drs, Anwar Baudin MPd menambahkan, mengatasi kekurangan kelas, pasca terbakarnya 7 bangunan SMPN 14, diantaranya 3 bangunan kelas ini. Dispendik Kota Bengkulu memberlakukan sistem shif, masuk Pagi dan Siang. Hal ini diberlakukan pada awal ajaran baru mendatang. Karena jumlah siswa yang akan diterima tidak sesuai dengan jumlah ruang kelas yang ada. \"Kalau sampai tahun ajaran baru gedung sekolah belum juga selesai diraheb, maka kita terpaksa berlakukan sistem pagi dan siang,\" ungkap Anwar Baudin. (009/Adv)

Tags :
Kategori :

Terkait