Bina Pengrajin Besi

Senin 13-05-2013,15:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI, BE - Pada 2013 ini, Dinas Koprasi Perindustrian Perdagangan dan UKM Kabupaten Lebong kembali melakukan pembinaan kelompok terhadap pengrajin home industri khusus pandai besi yang ada di Kabupaten Lebong.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lebong Drs Achmad Ghozali melalui Kabid Perindustrian Ponija SIP mengatakan jika potensi untuk pengrajin pandai besi dikabupaten Lebong memiliki peluang yang bagus dalam hal perindustrian.

Dikatakan Ponija, ditahun ini melalui bagian perindustrian akan membentuk kelompok khusus pengrajin pandai besi yang di yakini memiliki potensi dan berperan besar di dunia pertanian di kabupaten Lebong.

\"Kerajinan home industri logam mulia, mesin, kimia dan aneka termasuk dalam bidang kerja home industri khusus pandai besi merupakan peluang usaha yang perlu dikembangkan, apalagi lebong ini terkenal dengan pertaniannya dan memerlukan peralatan yang terbuat dari besi. Untuk itu, tahun ini Perindag akan membentuk kelompok pengrajin khusus pandai besi,\" kata Ponija.

Diungkapkannya, pada tahun sebelumnya para pengrajin besi di kabupaten Lebong cukup banyak bahkan untuk kelompok itu sendiri sudah ada, namun kelompok pengrajin tersebut terkadang memiliki kendala keterbatasan modal atau biaya produksi. \"Tujuan kita dibentuk kelompok untuk membantu para pengrajin itu sendiri agar kedepan lebih baik lagi,\" ungkapnya.

Saat ini, untuk pengrajin pandai besi tersebut berada di beberapa desa antara lain desa Payambik dan desa Suka Marga Kecamatan Amen.

\"Dua desa tersebut sudah lama banyak pengrajin pandai besin dan sudah memproduksi banyak benda diantaranya peralatan pertanian seperti cangkul, parang dan rimbe (penebas rumput). Namun untuk pemasarannya saat ini mereka baru sebatas Kabupaten Lebong dan hanya beberapa ke daerah lainnya seperti bengkulu Utara,\" pungkasnya.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait