Ribuan Itik untuk 10 Poktan

Rabu 08-05-2013,15:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

AMEN, BE - Tahun 2013 ini, Pemerintah Kabupaten Lebong akan memberikan bantuan hibah itik kepada 10 kelompok tani peternak itik. Sedikitnya ada 5 ribu ekor itik yang akan disiapkan untuk dibagikan kepada kelompok yang saat ini masih ditentukan melalui calon penerima calon lokasi (CPCL).

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Lebong Sumiati SP kepada wartawan kemarin. Dikatakan Sumiati, kegiatan tersebut sudah dilakukan sejak tahun 2012 lalu, namun karena melihat antusias dari kelompok tani tahun ini sangat baik, maka pihaknya kembali menganggarkan bantuan tersebut untuk dibagikan kepada kelompok tani yang ada di Kabupaten Lebong.

\"Kalau tahun sebelumnya ada 5 kelompok penerima, alhamdulillah tahun ini bertambah menjadi 10 kelompok,\" jelas Sumiati. Selain itu, program kegiatan ini masih dalam tahap pelelangan dan sedang dalam proses. Sehingga para kelompok tani untuk bersabar sambil menunggu proses pelelangan tersebut selesai. \"Nanti bantuan juga diberikan berupa pakan ternak itik dara dan bantuan pembuatan kandang, kalau tahun sebelumnya tidak disertai dengan pakan hanya penyediaan kandang saja,\" katanya.

Melalui program ini, pemerintah daerah melalui Dinas Perikanan dan Peternakan menghabiskan dana sebesar Rp 700juta. \"Kalau untuk itik setiap kelompok akan mendapatkan bantuan sebanyak 500 ekor. Dengan dana segitu juga dianggarkan bantuan untuk mesin tetas telor itik, disiapkan sebanyak 26 buah, satu paket dengan pelaksanaan kegiatan pemberian bantuan itik,\" lanjutnya.

Kegiatan peternakan tersebut diharapkan dapat membantu petani melalui kelompok tani memaksimalkan kebutuhan dan pengembangannya. \"Jadi pemerintah memberikan bantuan secara hibah, kepada masyarakat dan tinggal masyarakat itu sendiri yang melakukan pengolahan serta pemeliharaan ternaknya. Kita juga berharap ternak itik tersebut dapat berkembang sehingga bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat,\" pungkasnya.(***)

Tags :
Kategori :

Terkait