Di era digital, bisnis tidak lagi mengandalkan pemasaran di satu platform. Adanya otomatisasi marketing memungkinkan bisnis untuk mengelola berbagai platform tersebut melalui satu tempat saja. Salah satu alat yang memungkinkan strategi ini adalah menggunakan CRM. Sehingga bisnis dapat membentuk dan mengatur alur otomatis untuk menjaga kehadiran brand di berbagai titik interaksi pelanggan.
Menentukan KPI utama
Untuk memastikan performa strategi berjalan optimal, bisnis perlu menentukan KPI yang jelas. Dengan mengukur KPI secara rutin, kamu bisa mengevaluasi dan mengoptimalkan alur nurturing agar semakin efektif. Beberapa metrik penting untuk lead nurturing otomatis meliputi:
- Open rate dan click-through rate
- Jumlah lead yang naik ke tahap sales qualified
- Conversion rate
- Response time otomatis
Kesimpulan
Otomatisasi marketing telah menjadi kebutuhan esensial dalam menghadapi tantangan lead nurturing di era digital. Dengan strategi yang tepat, bisnis dapat membangun hubungan yang konsisten, personal, dan responsif dengan prospek tanpa menguras waktu dan tenaga. Kini, saatnya beralih dari proses manual ke otomatisasi yang cerdas, agar bisnis dapat terus berkembang tanpa kehilangan sentuhan personal.(**)