Pedagang Alami Depresi

Senin 22-04-2013,15:00 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

ARGA MAKMUR, BE - Pemilik kios di pasar Purwodadi yang terkena musibah kebakaran beberapa waktu lalu butuh pemulihan mental. Pasalnya tidak sedikit mental dan psikologi mereka terguncang akibat kejadian itu. Pasalnya harta benda pedagang ludes tidak tersisa lagi. Untuk bangkit memulai usahanya lagi terkendala persoalan modal yang cukup besar.

\"Banyak pedagang  masih trauma atas kebakaran hebat yang terjadi beberapa waktu lalu, kami minta diberikan pencerahan, agar kami semua bisa ikhlas dan bisa memulai usaha lagi,\" kata Andrean (30) salah seorang pedangan yang kiosnya terbakar.

Seperti diungkapkan Deswita (38) pedagang toko pakaian yang terkena musibah itu. Akibat kejadian itu, dirinya saat ini mengalami persoalan ekonomi yang cukup pelik. Pasalnya, sebagai orang tua tunggal, kiosnya itu merupakan sumber nafkahnya. Namun setelah kiosnya terbakar, semua harta serta impiannya menjadi sirna.

\"Sebelumnya saya jualan di Kepahiang, niatan pindah ke Arga Makmur untuk memperbaiki ekonomi dengan jualan pakaian. Namun malah seperti ini. Saya tidak kuat menghadapi cobaan ini. Anak saya masih sekolah, dan kami tinggal di kontrakan yang harus dibayar disetiap bulannya,\" ujar Deswita.

Mengetahui kondisi mental pedagang yang turun, pemerintah daerah berniat memberikan pencerahan kepada mereka. Seperti halnya pemberian siraman rohani agar pedagang kuat dalam menghadapi cobaan yang dialaminya.\"Kita (Pemerintah daerah)  akan mencari solusi agar pedagang yang menjadi korban bisa berjualan kembali seperti biasa,\" kata Wabup, Ir Mian.(117)

Tags :
Kategori :

Terkait