Pasca Biologi Adakan Pelatihan Berbasis E-Learning

Senin 22-04-2013,11:22 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

Dalam rangka memeriahkan momen Dies Natalis Universitas Muhammadiyah Begkulu (UMB) ke 22, Program Pasca Sarjana Magister. Pendidikan Biologi menggelar Pelatihan Pembelajaran Biologi Berbasis E-Learning untuk  guru-guru  se-Kota Bengkulu,sabtu (20/13).

            Acara yang di adakan di Kampus 3 UMB ini  diikuti oleh para guru SMP-SMA/Sederajat sekota Bengkulu, mahasiswa pendidikan Biologi Program S1 dan juga pasca sarjana UMB. Selain itu kegiatan ini juga Menghadirkan berbagai pemateri yang berkompeten didunia pendidikan dan juga IT yang berkaitan dengan dunia E-Learning (pembelajaran Elektronik). Di antaranya yaitu Prof. Dr. Hj Endang Widiwinarni ,M.Pd guru besar sekaligus dosen program pasca sarjana  UMB. Di katakan beliau bahwa untuk menyambut kurikulum 2013 yang sebentar lagi akan di sosialisasikn bahwa pembelajaran berbasis E-learning adaah salah satu terobosan yang sebenarnya sudah cukup lama di pakai, hanya saja belum semua pengajar mengoptimalkan pembelajaran semacam. “Pada aplikasi kurikulum 2013 nanti hendaknya E-Learning dapat benar-benar di optimalkan karena pembelajaran berbasis demikian di harapkan dapat membantu meningkatkan kualitas guru dan siswa terutama dalam bidang IT di kemajuan global seperti saat ini,selain itu pembelajaran berbasis E-learning juga memudahkan para guru dalam menyampaikan materi, dan menumbuhkan minat belajar siswa yang saat ini di dominasi dengan kegiatan mencatata atau mendengarkan guru di depan kelas,” tuturnya.

            Senada dengan pemateri, Ketua pelaksana kegiatan, Dr. Sunaryadi, M.Si mengatakan bahwa tujuan dari pelatihan ini adalah sebagai bentuk pengabdian UMB kepada seluruh guru di kota Bengkulu untuk meningkatkan ualitas pendidikan di bengkulu. ini didasari oleh riset dari  HDI (human Development Index) bahwa Indonesia memiliki mutu pendidikan yang masih rendah. Dengan adanya pelatihan-pelatihan untuk para pendidik terutama pelathan pembelajaran yang berkaitan dengan dunian IT,sangat di harapkan dapat membantu meningkatkan kreatifitas guru dalam proes pembelajaran. Sehingga apabila pengajar memiliki profesionalisme yang tinggi, dan keterampilan atau kompetensi yang mumpuni , maka out put nya yang berupa siswa pun dapat di perkirakan akan menjadi produk yang berkualitas pula.

“Karena bagimanapun tingkat kualitas seorang pendidik merupakan ujung tombak peningkatan kualitas pendidikan Negara,” jelas Sunaryadi. Selain itu , pada pelatihan yang di adakan gratis untuk guru sekota Bengkulu ini juga memperkenalkan Program pasca sarjana magister pendidikan Biologi UMB sebagai salah 1 alternatif untuk meningkatkan kualitas guru. UMB memberikan kesempatan untuk para lulusan sarjana biologi, maupun bidang ilmu MIPA lainnya untuk bergabung pada program pasca sarjana tersebut. Karena UMB percaya dengan pendidikan yang baik untuk seluruh guru atau pendidik maka akan di hasilkan juga peserta didik yang mampu menghadapi tantangan zaman dan tentunya mampu meningkatkan kualitas pendidikan di indoesia . (Cha)

Tags :
Kategori :

Terkait