Tim Robotik Unib Berlaga

Kamis 18-04-2013,11:07 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

  MUARABANGKAHULU, BE-  Dua tim robotik dari Universitas Bengkulu (UNIB) akan berlaga pada kontes robot 2013 di wilayah regional I lampung.  Kontes ini digelar selama 2 hari terhitung 18-20 April mendatang. Dua tim robotik yang berlaga itu, UNCU Mas (ketegori Robot Cerdas Beroda),dan Uncu Perak (Kategori Robot Pemadam Api). Kedua tim ini resmi dilepas Rektor Unib Prof. Zainal Muktamar, M.Sc, Ph.D didampingi Pembantu Rektor I Bidang Akademik Dr. Ir. Fahrurrozi, di ruang rapat senat, kemarin.

Dalam sambutannya Rektor Unib, Prof. Zainal Muktamar mengatakan, Unib memberikan dukungan dan apresiasi, serta motivasi pada kedua Tim Robotic yang bertanding itu. “Pada kontes ini tujuan kita bukan mencari kemenangan semata. Banyak nilai positif yang dapat diraih dan dirasakan oleh para mahasiswa,\'\' kata Zainal Muktamar.

Kemudian dengan ajang ini, Unib bisa menunjukkan bahwa perguruan tinggi negeri ini mampu sejajar dan bersaing dengan perguruan tinggi lainnya, baik berskala nasional maupun internasional.

Sementara itu PD III FT Unib, Nurul Iman, MT,  menjelaskan, saat ini Fakultas Teknik sudah memiliki Pusat Studi Robotic. Ini merupakan wadah bagi para mahasiswa maupun dosen dalam mengembangkan kreativitasnya dalam dunia robot atau teknologi canggih.

“Wadah ini sekaligus menjadi laboratorium sebagai tempat praktik mahasiswa. Ke depan, kita tidak hanya berorientasi untuk ikut kontes robot, tapi bisa menjadi wadah tim riset teknologi dan pencitraan Unib di bidang engenering yang dapat diaplikasikan pada kepentingan masyarakat luas,” ujarnya.

Seperti diketahui kontes robot regional dilaksanakan dalam 5 wilayah meliputi wilayah Sumatra untuk regional I, Jakarta dan Jawa Barat untuk Regional II, Jawa Tengah dan Yogyakarta untuk Regional III, Jawa Timur untuk Regiona IV, dan wilayah Indonesia Bagian Timur dan Kalimantan untuk Regional V.

Dalam Kontes Regional ini memperlombakan 5 cabang perlombaan, meliputi Kontes Robot Indonesia (KRI), Kontes Robot Pemadam Api (KRPAI) beroda, KRPAI berkaki, Kontes robot Seni Indonesia (KRSI), dan Kontes Robot Sepak bola Indonesia (KRSBI).

Dua tim robotik  yang akan  berlaga itu yakni  UNCU Mas (ketegori Robot Cerdas Berroda),dan Uncu Perak (Kategori Robot Pemadam Api). Kedua robotik  tersebut merupakan karya enam mahasiswa yang tergabung pada Pusat Robotic (Robotic Study Clup—RSC) Fakultas Teknik Unib. Keenam mahasiswa tersebut yakni M. Nico Permana, Hendri Fadilah, Destu Rizal, Roni, Anggi Kurniawan dan Dani. Berlaganya kedua tim ini akan didampingi dosen pembimbing Indra Agustian, M.Eng. (247/rls)

Tags :
Kategori :

Terkait