Plt Kadinkes Dicopot

Rabu 17-04-2013,14:30 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

CURUP, BE - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong (RL), Selasa (16/4) kembali menggelar mutasi jabatan para pejabat di lingkungan pemerintah daerah di ruang pola Setdakab RL.  Selain pengisian beberapa jabatan yang kosong, mutasi yang melibatkan 42 pejabat eselon II, III dan IV itu juga menjadi sarana evaluasi.

Pasalnya, secara mengejutkan Sekretaris Dinas Kesehatan Herwan Antoni SKM yang merangkap jabatan sebagai Plt Kepala Dinas, dicopot dan dipindahtugaskan ke fungsional umum RSUD Curup, bergabung dengan mantan Plt Direktur RSUD Curup Desma Heryana serta Staf Ahli Bupati Drs Tri MS yang lebih dulu menjabat fungsional umum RSUD Curup, pada mutasi beberapa minggu sebelumnya.

Jabatan Sekretaris Dinas Kesehatan, sekaligus Plt Kepala Dinas Kesehatan kini dijabat oleh Ahmad Juli yang sebelumnya menjabat Kabid Pencegahan, Pemberantasan dan Penyehatan Lingkungan Dinas Kesehatan.  Selain itu, pengisian sejumlah jabatan yang kosong karena pejabat yang mengundurkan diri juga dilakukan pada mutasi kali ini.

Sekretaris DPRD RL yang sebelumnya dijawab Edi Prawisnu kini dijabat oleh Farid Abdullah yang sebelumnya menjabat Staf Ahli Bupati.  Selanjutnya Kepala Badan Kesbangpol dan Linmas yang sebelumnya dijabat Drs Samsul Effendi digantikan oleh Marwan Ampera yang sebelumnya menjabat Sekretaris Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Pejabat eselon II lain yang terlibat dalam mutasi, diantaranya Ir Aby Sofyan yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Administrasi Keuangan Sekretariat DPRD RL menduduki posisi Asisten II bidang perekonomian pembangunan dan pemerintah Kabupaten RL.

(lihat grafis)

Selain pelantikan sejumlah pejabat, kegiatan mutasi yang diikuti Forum Koordinasi Pimpinan Daerah tersebut, juga berlangsung pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan Ketua TP PKK Kecamatan dan Kelurahan, yang dipimpin langsung Ketua TP PKK RL Hj Susilawati SE MM.

Dalam sambutanya, Bupati Rejang Lebong H Suherman SE MM menegaskan, rotasi jabatan yang merupakan tanggung jawab pejabat untuk meningkatkan kualitas kinerja dan programnya selama ini.  Ia mengaku, mutasi yang digelar tersebut merupakan promosi dan jabatan dan merupakan amanah untuk memberikan pelayanan pada masyarakat.

\"Kepada pejabat yang baru kami ucapkan selamat, dan segera mungkin melakukan tugasnya masing-masing dengan baik. Untuk pejabat lama kami ucapkan terima kasih atas bantuannya selama ini, semoga jasa yang selama ini diberikan mendapatkan pahala di sisi Tuhan,\" ungkap bupati.

Bupati juga mengaku, jika masih banyak jabatan-jabatan yang masih kosong di lingkungan Setdakab Rejang Lebong termasuk jabatan sekretaris camat (Sekcam). \"Kan masih banyak Sekcam yang masih kosong, kita nanti mencari orang-orang yang tepat untuk menjabat posisi itu untuk mendampingi para camat dan jabatan lainya yang masih kosong lainya,\" ujarnya.

Menurut bupati, untuk menentukan pejabat untuk menduduki suatu jabatan tidaklah gampang, tentu akan ada penilaian yang perlu dikaji. \"Ya kita lihat dulu untuk menempatkan pejabat pada jabatanya, sebab untuk mencari orang yang betul-betul strategis menempati sesuai jabatanya sangat susah,\" akunya.

Bupati juga mewarning para pejabat untuk benar-benar mengemban amanah yang diberikan.  \"Ya kita lihat selama 5 sampai 6 bulan ini, kalau kinerjanya bagus, akan kita pertahankan atau dipromosikan menduduki jabatan definitif, kalau tidak ganti sama yang lain,\" katanya.

Dalam menjalankan program pembangunan, bupati kembali mengingatkan para pejabat untuk tidak bergantung dengan APBD Rejang Lebong yang hanya sebesar Rp 600 miliar.  \"Jangan mengandalkan APBD yang hanya Rp 600 miliar, untuk gaji PNS saja hampir Rp 400 miliar, belum honor Kades, saya minta SKPD aktif untuk mencari dana dari pemerintah provinsi dan pemerintah pusat,\" harapnya. (999)

Tags :
Kategori :

Terkait