Sembilan SD Belum Terakreditasi

Senin 15-04-2013,14:52 WIB
Reporter : Rajman Azhar
Editor : Rajman Azhar

TUBEI, BE – Dinas Pendidikan Nasional, Pemuda dan Olahraga (Diknaspora) Lebong sepertinya harus terus meningkatkan kualitas dan sarana prasarana pendidikan, terutama untuk Sekolah Dasar (SD) yang ada di Kabupaten Lebong. Pasalnya hingga saat ini, dari 104 sekolah yang ada, baru 2 diantaranya yang memiliki akreditasi A dan juga saat ini masih ada 9 sekolah lagi yang belum terakreditasi.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Diknaspora Lebong Drs Aswan MSi melalui Kabid Dikdas H Sriwijaya kepada wartawan beberapa waktu lalu.

\"Sejauh ini, dari data yang kita miliki memang baru dua sekolah yang memiliki akreditasi A yakni SDN 02 Lebong Utara dan SDN 06 Lebong Selatan yang ada di Kelurahan Mubai,\" kata Sriwijaya.

Dijelaskan Sriwijaya, untuk SD yang sudah memiliki akreditasi B sendiri sudah mencapai 29 sekolah. Lalu untuk SD yang baru terakreditasi C sebanyak 64 sekolah. \"Sedangkan untuk sekolah yang belum memiliki akreditasi sama sekali, berjumlah 9 sekolah dan tersebar di 5 kecamatan,\" jelas Sriwijaya.

Diungkapkan Sriwijaya, adapun syarat akreditasi yakni diantaranya jumlah murid, jumlah ruang kelas dan fasilitas lainnya, termasuk jumlah guru dan standar pendidikan guru itu sendiri serta syarat lainnya. Pengajuan akreditasi diajukan langsung oleh masing-masing sekolah melalui Unit Pengelola Akreditasi (UPA) kabupaten. \"Setelah itu, UPA nantinya mengusulkan ke BAP (Badan Akreditasi Provinsi.red). Baru setelah dilakukan verifikasi disampaikan ke Kemendikbud untuk di SK kan akreditasinya,\" ungkapnya.

Guna meningkatkan akreditasi seluruh sekolah, tahun anggaran 2014 mendatang, Dinas Diknaspora Lebong akan memfokuskan untuk pembangunan/penambahan ruang kelas di beberapa sekolah dasar di Kabupaten Lebong. \"Harapan kita kedepan seluruh sekolah dasar yang ada di Kabupaten Lebong bisa terakreditasi dan bisa meningkatkan akreditasinya,\" ucap Sriwijaya.(777)

Tags :
Kategori :

Terkait