Operasi Zebra 2024 Dimulai: Polda Bengkulu Tekankan Penegakan Hukum Tanpa Pungli

Senin 14-10-2024,14:15 WIB
Reporter : Anggi Pranata
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Bengkulu menggelar Operasi Zebra Nala 2024 mulai Senin (14/10/2014). 

Operasi Zebra ini akan digelar selama dua pekan hingga Minggu (27/10/2024) mendatang. Tujuan dari pelaksanaan Operasi Zebra ini ialah untuk mendukung kelancaran pelantikan presiden dan wakil presiden serta mengajak masyarakat untuk tertib dalam berlalu lintas. 

Waka Polda Bengkulu, Brigjen Pol Drs Agus Salim, mengatakan dalam pelaksanaan Operasi Zebra kali ini terasa spesial karena berdekatan dengan pelantikan Presiden dan Wakil Presiden (20/10/2024) mendatang. 

Selain itu, Operasi Zebra diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap pentingnya mematuhi aturan lalu lintas. 

BACA JUGA:155 Kelompok Pelajar dan Mahasiswa Bengkulu Bersaing Dalam Lomba KETUPEK 2024

BACA JUGA:Pemkot Bengkulu Dampingi Pengusaha Sampaikan LKPM, Percepat Realisasi Investasi

"Hari ini kita melaksanakan gelar pasukan dalam rangka operasi zebra yang dilaksanakan setiap tahun, tapi untuk operasi zebra kali spesial karena selain dikaitkan dengan keselamatan lalu lintas itu juga dalam rangka persiapan pelantikan presiden. Jadi supaya masyarakat aman tertib dan lancar," Kata Waka Polda, Senin (14/10/2024). 

Waka Polda juga mengingatkan kepada seluruh personil jajaran Polda Bengkulu agar dapat mematuhi Standar Operasional (SOP) dan menghindari pungutan liar agar terhindar dari stigma buruk dari masyarakat. 

Pada Operasi Zebra kali ini berfokus terhadap 14 jenis pelanggaran. 

1.Penggunaan rotator dan sirene yang tidak sesuai dengan ketentuan. 

2. Penertiban kendaraan bermotor yang menggunakan pelat rahasia atau pelat dinas. 

3. Pengemudi yang masih di bawah umur. 

4. Kendaraan yang melawan arus lalu lintas. 

5. Berkendara dalam pengaruh alkohol.

 6. Penggunaan ponsel saat mengemudi.

Kategori :