Doa Selamat dan Tolak Bala, Amalkan Setelah Sholat 5 Waktu

Minggu 13-10-2024,21:15 WIB
Reporter : Ari Apriko
Editor : Ari Apriko

BENGKULUEKSPRESS.COM- Islam mengajarkan berbagai doa yang dapat diamalkan dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya adalah doa tolak bala.

Doa ini dianggap sebagai salah satu cara untuk mencegah datangnya bencana. Dalam hal ini, doa berperan seperti perisai yang melindungi dari berbagai musibah dan ujian.

Meskipun doa tolak bala tidak sepenuhnya dapat menolak ketetapan (qadha) yang telah Allah SWT tetapkan, doa mencerminkan rasa ketergantungan kita kepada-Nya.

BACA JUGA:Doa Memohon Keselamatan untuk Anak dan Cucu, Amalkan Sebelum Sholat Subuh

BACA JUGA:Agar Hati Mudah Tergerak untuk Beribadah, Amalkan Doa Berikut

Dengan terus berdoa, Allah mungkin saja mengubah takdir kita dengan menghindarkan bahaya dan menggantinya dengan kebaikan. Semua ini terjadi jika Dia berkehendak.

Adapun doa tolak bala yang bisa kita amalkan adalah:

اللَّهُمَّ افْتَحْ لَنَا أَبْوَابَ الخَيْرِ وَأَبْوَابَ البَرَكَةِ وَأَبْوَابَ النِّعْمَةِ وَأَبْوَابَ الرِّزْقِ وَأَبْوَابَ القُوَّةِ وَأَبْوَابَ الصِّحَّةِ وَأَبْوَابَ السَّلَامَةِ وَأَبْوَابَ العَافِيَةِ وَأَبْوَابَ الجَنَّةِ اللَّهُمَّ عَافِنَا مِنْ كُلِّ بَلَاءِ الدُّنْيَا وَعَذَابِ الآخِرَةِ وَاصْرِفْ عَنَّا بِحَقِّ القُرْآنِ العَظِيْمِ وَنَبِيِّكَ الكَرِيْمِ شَرَّ الدُّنْيَا وَعَذَابَ الآخِرَةِ،غَفَرَ اللهُ لَنَا وَلَهُمْ بِرَحْمَتِكَ يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ، سُبْحَانَ رَبِّكَ رَبِّ العِزَّةِ عَمَّا يَصِفُوْنَ وَسَلَامٌ عَلَى المُرْسَلِيْنَ وَ الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَلَمِيْنَ

(Allȃhummaftah lanȃ abwȃbal khair, wa abwȃbal barakah, wa abwȃban ni‘mah, wa abwȃbar rizqi, wa abwȃbal quwwah, wa abwȃbas shihhah, wa abwȃbas salȃmah, wa abwȃbal ‘ȃfiyah, wa abwȃbal jannah. Allȃhumma ‘ȃfinȃ min kulli balȃ’id dunyȃ wa ‘adzȃbil ȃkhirah, washrif ‘annȃ bi haqqil Qur’ȃnil ‘azhȋm wa nabiyyikal karȋm syarrad dunyȃ wa ‘adzȃbal ȃkhirah. Ghafarallȃhu lanȃ wa lahum bi rahmatika yȃ arhamar rȃhimȋn. Subhȃna rabbika rabbil ‘izzati ‘an mȃ yashifūn, wa salȃmun ‘alal mursalȋn, walhamdulillȃhi rabbil ‘ȃlamȋn).

Artinya:

"Ya Allah, bukalah bagi kami pintu kebaikan, pintu keberkahan, pintu kenikmatan, pintu rezeki, pintu kekuatan, pintu kesehatan, pintu keselamatan, pintu afiyah, dan pintu surga. Ya Allah, jauhkan kami dari semua ujian dunia dan siksa akhirat. Palingkan kami dari keburukan dunia dan siksa akhirat dengan hak Al-Qur’an yang agung dan derajat nabi-Mu yang pemurah. Semoga Allah mengampuni kami dan mereka. Wahai Zat yang maha pengasih. Maha suci Tuhanmu, Tuhan keagungan, dari segala yang mereka sifatkan. Semoga salam tercurah kepada para rasul. Segala puji bagi Allah, Tuhan sekalian alam,".

BACA JUGA:Doa Mohon Kebaikan dalam Urusan Dunia dan Akhirat, Diajarkan Rasulullah Langsung

BACA JUGA:Agar Terlepas dari Bingung dan Hutang, Amalkan Doa dari Rasulullah SAW Berikut

Lafal doa ini bisa dibaca setelah setiap selesai melaksanakan sholat lima waktu. Semoga Allah senantiasa melindungi kita dan memberikan keselamatan, baik di dunia maupun di akhirat.

Itulah doa tolak bala yang bisa kita amalkan setelah sholat lima waktu agar selalu diberi keselamatan. Semoga bermanfaat.(*)

Kategori :