Nasi Tumpeng Ayam Betutu: Kuliner Unik Khas Bali di Bengkulu

Senin 07-10-2024,19:07 WIB
Reporter : Indira Fadya Shabrina
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Di Bengkulu, usaha rumahan menawarkan nasi tumpeng unik dengan lauk ayam betutu utuh dan sambal embe khas Bali. Bumbu betutu, yang merupakan ciri khas masakan Bali, sangat digemari oleh banyak orang, termasuk mereka yang berasal dari luar daerah Bali. Bumbu ini biasanya dimasak bersama daging ayam dan bebek, menghasilkan cita rasa yang khas.

Ide penjualan nasi tumpeng ayam betutu ini dicetuskan oleh Sukma (58), pemilik usaha yang merupakan keturunan Bali dan kini tinggal di Bengkulu. "Awalnya, saya ingin berjualan dari rumah. Sebagai keturunan Bali, saya percaya diri dengan masakan bercita rasa bumbu khas Bali," ujar Sukma.

Sebelum membuka pemesanan, Sukma bereksperimen dengan berbagai resep ayam betutu bersama adik dan anak-anaknya. Setelah beberapa kali merombak resep, mereka akhirnya menemukan rasa yang semirip mungkin dengan bumbu betutu yang Sukma nikmati saat kecil.


Nasi Tumpeng Ayam Betutu: Kuliner Unik Khas Bali di Bengkulu-foto: istimewa-

BACA JUGA:Mengenal Sejarah Tahu Gimbal Khas Semarang

BACA JUGA:Docang, Hidangan Khas Cirebon yang Sempat Digunakan Untuk Meracuni Wali Songo

Menurut Sukma, waktu yang dibutuhkan untuk membuat satu pesanan nasi tumpeng ayam betutu adalah sekitar 5 hingga 7 jam. "Saya biasanya mulai memasak nasi kuning di pagi hari. Pengungkapan ayam menggunakan bumbu betutu memakan waktu lama, bisa sampai satu jam. Sementara lauk tambahan bisa disiapkan sambil menunggu," jelasnya pada Senin (7/10/2024).

Dalam usaha ini, Sukma tidak bekerja sendiri. Ia dibantu oleh adiknya dan dua anaknya. "Ini adalah usaha keluarga yang kami kelola bersama," tambahnya.

Nasi tumpeng ayam betutu dijual dengan harga Rp 200.000 hingga Rp 250.000, tergantung pada ukuran ayam dan porsi nasi yang diminta. Selain nasi tumpeng, Gerai Berkah juga menjual makanan khas Bali lainnya, salah satunya sate lilit. Sate lilit dijual dengan harga Rp 2.000 per tusuk, dengan minimal pembelian 5 tusuk.

Pemasukan usaha ini tergantung pada jumlah pesanan. "Pemasukan kami sangat bergantung pada pesanan. Pernah ada satu hari hanya dengan dua pesanan, dan dalam sebulan biasanya ada 1 hingga 3 pesanan untuk nasi tumpeng ini," kata Sukma.


Rice burger Ayam Betutu di Bengkulu -foto: istimewa-

BACA JUGA:Celorot, Jajanan Khas Lombok yang Dibuat dengan Daun Kelapa

BACA JUGA:Bebalung, Simbol Kebersamaan dan Kehangatan Masyarakat Lombok

Nasi tumpeng ini terdiri dari nasi kuning, satu ekor ayam betutu, jukut bejek, perkedel jagung, telur rebus, mie goreng, sambal embe, dan kuah betutu yang disajikan terpisah. Nasi tumpeng ini sangat cocok dinikmati bersama keluarga atau teman saat ada perayaan.


Pesanan nasi tumpeng dapat dilakukan melalui Instagram mereka di @gerai_berkah777-foto: istimewa-

Kategori :