8 Cara Mengatasi Karang Gigi yang Dapat Menganggu Kesehatan Mulut

Rabu 09-10-2024,11:30 WIB
Reporter : Fitri Nugroho
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM - Karang gigi, yang juga dikenal sebagai tartar, adalah endapan keras yang terbentuk dari penumpukan plak gigi yang mengeras. 

Plak adalah lapisan tipis yang mengandung bakteri dan terbentuk di permukaan gigi akibat sisa makanan dan minuman yang tidak dibersihkan dengan baik. 

Ketika plak tidak dibersihkan secara menyeluruh, ia akan mengeras dan berubah menjadi karang gigi. 

Kondisi ini bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan mulut, termasuk radang gusi (gingivitis), bau mulut, serta berkurangnya keindahan senyum karena warna kuning kecokelatan yang mencolok. 

BACA JUGA:Begini Cara Menghilangkan Kerutan di Wajah Secara Alami

BACA JUGA:Begini Cara Aman Melakukan Diet Menjelang Pernikahan

Mengatasi karang gigi adalah langkah penting untuk menjaga kesehatan mulut serta mencegah masalah yang lebih serius di kemudian hari.

Cara Mengatasi Karang Gigi

1. Pembersihan oleh Dokter Gigi (Scaling)

Pembersihan karang gigi secara profesional, yang dikenal sebagai scaling, adalah metode paling efektif untuk mengatasi karang gigi. 

Prosedur ini dilakukan oleh dokter gigi menggunakan alat khusus seperti ultrasonic scaler yang dapat mengangkat karang gigi yang keras dan menempel di permukaan gigi, bahkan di area yang sulit dijangkau sikat gigi.

2. Sikat Gigi dengan Teknik yang Benar

Menyikat gigi dua kali sehari dengan teknik yang benar dapat membantu mencegah terbentuknya plak yang akan menjadi karang gigi. 

BACA JUGA:Mengapa Garis Senyum di Wajah Dapat Terbentuk? Ini Penyebabnya

BACA JUGA:Biar Gak Salah! Ini Lho Bedanya Beras Shirataki dan Beras Porang

Kategori :