Puan Maharani Kembali Terpilih sebagai Ketua DPR RI Periode 2024-2029, Siap Jaga Aspirasi Rakyat

Rabu 02-10-2024,08:26 WIB
Reporter : Tri Yulianti
Editor : Rajman Azhar

BENGKULUEKSPRESS.COM – Puan Maharani kembali mendapatkan kepercayaan untuk memimpin Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) periode 2024-2029 setelah terpilih dalam Rapat Paripurna Pembukaan Masa Sidang I Tahun Sidang 2024-2025 yang digelar di Gedung Nusantara, Jakarta, pada Selasa (1/10/2024). Didampingi oleh empat wakil ketua, yaitu Sufmi Dasco Ahmad, Adies Kadir, Saan Mustopa, dan Cucun Ahmad Syamsurijal, Puan siap mengemban tugas sebagai Ketua DPR RI untuk lima tahun ke depan.

Puan mengungkapkan rasa terima kasihnya atas kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk kembali memimpin lembaga legislatif tertinggi di Indonesia. Ia berkomitmen untuk menjaga dan meningkatkan kepercayaan publik terhadap DPR RI dengan mengedepankan kerja kolektif dan kolegial.

“Kami, pimpinan DPR RI periode 2024-2029, berkomitmen untuk menjaga lembaga ini secara kolektif kolegial. Bersama-sama kami akan fokus menjalankan program kinerja legislatif, anggaran, dan pengawasan demi kepentingan bangsa dan negara,” ujar Puan saat ditemui usai Rapat Paripurna.

BACA JUGA:Senator Asal Bengkulu, Sultan B Najmudin Terpilih Jadi Ketua DPD RI 2024-2029

BACA JUGA:Menang di Pemilu 2024, Sederet Selebriti Mulai Berkantor di Senayan

Sebagai Ketua DPR RI, Puan juga menekankan pentingnya peran DPR dalam menampung dan menindaklanjuti aspirasi rakyat. Menurutnya, DPR RI harus menjadi jembatan yang efektif antara masyarakat dan pemerintah.

“Nantinya, kami akan membuka ruang sebesar-besarnya untuk bisa menindaklanjuti aspirasi rakyat, terutama melalui komisi-komisi dan Alat Kelengkapan Dewan (AKD). Aspirasi yang sebelumnya belum tertampung akan menjadi perhatian kami,” lanjut Puan.

Dengan terpilihnya Puan Maharani kembali sebagai Ketua DPR RI, publik menaruh harapan besar agar DPR dapat meningkatkan perannya dalam mengawal kepentingan rakyat dan menjaga stabilitas pemerintahan. Puan juga menyebut bahwa DPR RI akan segera menggelar Rapat Badan Musyawarah (Bamus) untuk membahas pembentukan komisi dan AKD yang akan menangani berbagai tugas legislasi.

“Mekanismenya setelah penetapan dan pelantikan pimpinan baru, kita akan lakukan musyawarah dengan pimpinan fraksi untuk menentukan jumlah komisi dan AKD yang sesuai. Rapat ini penting untuk menentukan arah kerja DPR RI ke depan,” pungkas Puan.

Diketahui, sebanyak 580 anggota DPR terpilih periode 2024-2029 telah dilantik pada Selasa pagi (1/10/2024). Selain dipenuhi politisi senior, DPR kali ini juga diisi oleh 24 selebriti yang mulai berkecimpung dalam dunia politik, menambah keragaman wajah baru di parlemen Indonesia.

BACA JUGA:SD Negeri 62 Terbengkalai, Sukatno Janji Cari Solusi

BACA JUGA:Anggota DPD RI Periode 2024-2029 Resmi Dilantik: Apt Destita Khairilisani Senator Baru dari Bengkulu

Dengan kepemimpinan Puan Maharani, DPR RI diharapkan dapat lebih terbuka, responsif, dan produktif dalam menanggapi berbagai isu nasional, serta mendorong terciptanya kebijakan yang pro-rakyat.(tri)

Kategori :